Salin Artikel

Kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Manahan, Ratusan Personel Gabungan Disiapkan

Kepala Kepolisian Resor Kota (Polresta) Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi mengatakan personel gabungan berasal dari unsur Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar).

Personel gabungan ini, akan melakukan pengamanan di Kawasan Stadion Manahan, saat laga Kualifikasi Piala Asia U-23 pada 6-12 September 2023, yang mempertemukan Timnas Indonesia, Turkmenistan, dan China Taipei atau Taiwan.

"Ini kami antisipasi, sudah standby dengan Panpel (Panitia Pelaksana) untuk pelaksanaan pertandingan ini. Nanti 250 personel siapkan, kita melihat perkembangan, nanti akan kita tambah," kata Iwan Saktiadi saat dikonfirmasi, Rabu (6/9/2023).

Adapun pengamanan akan menyesuaikan dengan standar Federation Internationale de Football Association (FIFA), yang sudah diberlakukan sejak penyelenggaraan Liga 1 Indonesia musim 2022/2023.

"Kalau panpel ada sendiri, SOP-nya sendiri. Ketentuan sama seperti pengaman bola liga 1 kalau standarnya FIFA, kita gunakan," jelasnya.

"Sebenarnya kita sudah menggunakan standar ketentuan FIFA artinya kalau treatment khusus kita melakukan sesuai standar Dunia. Artinya, Pengaman perhelatan internasional kita sudah siap," ujarnya.

Sedangkan untuk pengamanan pemain asing di Indonesia, Iwan mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Kepolisian Resor (Polres) Karanganyar, untuk pengamanan lokasi penginapan.

"Kaitannya dengan pengamanan pemain asing ya terus terang wilayah hukum Karanganyar di lokasi penginapan. Namun demikian tetap pengaman pertandingan kapasitas kita memastikan aman baik sebelum, sesaat dan setelah pertandingan," paparnya.

Jadwal Kualifikasi Piala Asia U-23 dibuka dengan pertandingan Timnas Taiwan vs Turkmenistan, pada Rabu (6/9/2023), pukul 19.00 WIB.

Lalu, berlanjut pada Sabtu (9/9/2023), pukul 19.00 WIB, mempertemukan, Indonesia vs Taiwan. Dan terakhir, Selasa, (12/9/203), pukul 19.00 WIB, Turkmenistan vs Indonesia.

https://regional.kompas.com/read/2023/09/06/133402778/kualifikasi-piala-asia-u-23-di-stadion-manahan-ratusan-personel-gabungan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke