Salin Artikel

Mahasiswa Aceh Tuntut Jokowi Kawal Kasus Pembunuhan yang Dilakukan Oknum Paspampres

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com- Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, menggelar demonstrasi di Taman Riyadah, Kota Lhokseumawe, Jumat (1/9/2023).

Mereka meminta Presiden Joko Widodo mengawal kasus pembunuhan Imam Masykur (25) yang diduga dilakukan oknum Paspampres, 12 Agustus 2023.

Ketua HMI Lhokseumawe dan Aceh Utara, Surya Distamura, dalam orasinya menyampaikan lima tuntutan. Yakni perhatian khusus Jokowi terhadap penyelesaian pelanggaran hak asasi manusia kategori berat itu.

“Kami juga meminta transparansi dari Panglima TNI Laksamana Yudo Margono terhadap kasus Imam Masykur dan mengusut tuntas semua personel yang terlibat,” ujar Surya.

Proses hukum terhadap kasus itu harus transparan dan disiarkan live layaknya persidangan umum.

“Kasus itu sangat melukai hati rakyat Aceh. Semua pihak harap mengawal kasus ini hingga tuntas, pelaku harus dihukum seberat-beratnya,” tutur Surya.

Aksi itu terpaksa dihentikan, karena hujan deras yang mengguyur Kota Lhokseumawe. 

Sebelumnya diberitakan, Imam Masykur diculik, disiksa, dan dibunuh tiga oknum TNI, satu di antaranya bertugas di satuan pengamanan presiden (Paspampres). Mereka kini ditahan di Pomdam Jaya. 

TNI melansir pelaku berinisial Praka RM (Paspampres), Praka S dan Praka J yang bertugas di Kantor Penghubung Kodam Iskandar Muda Aceh di Jakarta.

https://regional.kompas.com/read/2023/09/01/170327478/mahasiswa-aceh-tuntut-jokowi-kawal-kasus-pembunuhan-yang-dilakukan-oknum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke