Salin Artikel

Kebijakan Mahasiswa S1 Tak Wajib Bikin Skripsi, Rektor Unsoed Sambut Baik

"Kebijakan tersebut bisa menjadi pilihan, sebagai alternatif, tidak harus dalam bentuk riset-riset seperti yang banyak dilakukan," kata Sodiq kepada wartawan di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (30/8/2023).

Sodiq mengatakan, mahasiswa S1 atau D4 dapat membuat tugas akhir dalam bentuk lain yang disetarakan dengan skripsi.

"Tidak harus hasil dari penelitian, tetapi tugas yang ada di hasil magang atau pun kerja di perusahaan, kemudian memenuhi sistematika dan ketentuan-ketentuan yang sudah ditentukan itu nanti disetarakan sebagai tugas akhir atau sama dengan skripsi," ujar Sodiq.

Menurut Sodiq, kebijakan ini akan memberikan keleluasan bagi mahasiswa S1 maupun D4 sesuai dengan passion-nya masing-masing.

Sodiq mencontohkan, mahasiswa yang tertarik ke bidang kewirausahaan, kerja sosial maupun magang akan kesulitan jika diwajibkan membuat skripsi dalam bentuk riset.

Sebaliknya, mahasiswa yang tertarik ke bidang riset maka tugas akhirnya cocok dengan skripsi.

Sodiq mengatakan, kebijakan tersebut sebenarnya telah diterapkan pada beberapa program studi atau fakultas di Unsoed.

"Skripsi itu wajib, tapi model skripsinya ada perbedaan. Jadi skripsi sebagai tugas akhir ada yang berasal dari penelitian dan yang kedua berasal dari kerja, (misal) kerja lapangan, kerja praktik atau kegiatan lain yang disetarakan dengan tugas akhir," kata Sodiq.

Kebijakan itu salah satunya telah diterapkan di Fakultas Peternakan yang pernah dipimpinnya.

"Yang saya tahu di Fakultas Peternakan, jadi kerja di lapangan, ketentuannya sudah ada, sistematika pelaporannya juga sudah ditentukan. Tapi dalam pelaksanannya anak-anak yang mengambil tugas akhir bukan dari penelitian masih sangat sedikit," kata Sodiq.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/31/050000478/kebijakan-mahasiswa-s1-tak-wajib-bikin-skripsi-rektor-unsoed-sambut-baik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke