Salin Artikel

Mahasiswi Universitas Tadulako Ini Minta Jokowi Jadi Presiden untuk Ketiga Kalinya

Momen itu terjadi saat Kepala Negara membuka Kongres Nasional Mahasabha XIII Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) Tahun 2023, Rabu (30/8/2023).

Keduanya adalah Tirsa Riani Daniel, mahasiswi Fakultas Teknik Universitas Tadulako (Untad), dan Kadek Febri yang merupakan mahasiswa dari Lampung Selatan.

Setelah keduanya maju ke panggung, Jokowi kemudian memberikan pertanyaan "jauh di mata dekat di hati".

Mendapat pertanyaan tersebut, Tirsa hanya bisa tertawa kecil. Kepala Negara kemudian menimpali dengan bercanda, "Tadi tunjuk-tunjuk gini apa tadi? Mau deket saya aja?" yang dijawab "Mau dekat dengan Bapak Jokowi".

Tirsa kemudian melanjutkan, dirinya berterima kasih kepada Jokowi karena sudah menjadi presiden yang begitu baik bagi Indonesia.

"Saya sangat kagum dan sangat bangga. Kalau bisa Pak, Bapak bisa menjadi presiden untuk ketiga periode lagi. Terima kasih," ucapnya disambut riuh dan tepuk tangan hadirin.

Jokowi kemudian sambil tersenyum menjawab. "Itu konsitusi. Enggak boleh."

Kepala Negara kemudian melanjutkan lagi pertanyaan "jauh di mata dekat di hati", yang dijawab Tirsa "Bapak jauh di Jakarta tapi dekat di hati saya", yang kembali mengundang gelak tawa termasuk dari Presiden.

"Jawabannya bukan itu. Salah," tutur Jokowi, yang kemudian mengajukan pertanyaan sama kepada Kadek Febri.

Febri menjawab, awalnya dia mencoba untuk berpikir singkat bahwa jawaban yang dimaksud merupakan sosok Ibu.

"Tetapi, jika berpikir secara saintis, yang paling dekat dengan hati itu ada empedu Pak. Tapi saya lihatnya jauh," jelas Febri.

Jokowi kemudian merespons dengan mengatakan, jawaban pertama Febri sebenarnya betul. "Tapi yang saya maksud jawabannya bukan itu. Itu betul, betul sekali. Tapi yang bener yang nomor dua. Empedu."

"Ini saya bawa ke beberapa pertemuan nggak ada yang jawab. Sekarang terjawab oleh Kadek sudah," lanjut Kepala Negara yang disambut tepuk tangan hadirin. Jokowi kemudian memberikan sepeda kepada Kadek.

Kemudian Tirsa dan Kadek Febri meminta izin untuk berfoto dengan Jokowi, yang dibolehkan sehingga mereka bertiga berfoto bersama.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/30/202951978/mahasiswi-universitas-tadulako-ini-minta-jokowi-jadi-presiden-untuk-ketiga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke