Salin Artikel

Video KKB Klaim Bunuh Aktivis Perempuan Beredar, Kapolres Bantah Kejadian di Jayawijaya

Dalam keterangan tertulis yang atas nama Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB), disebut pembunuhan dilakukan KKB Ndugama di Distrik Kimbim, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan.

Namun kabar tersebut dibantah Kapolres Jayawijaya AKBP Herie Wibowo. Herie mengungkapkan, sejak informasi tersebut beredar pada Selasa (29/8/2023), pihaknya sudah mencoba mencari tahu kebenarannya.

"Di Kimbim tidak ada kejadian itu, dari Kimbim masih aman terkendali," ujarnya saat dihubungi melalui telepon, Rabu (30/8/2023).

Menurut dia, aparat keamanan sudah berkomunikasi dengan tokoh-tokoh yang ada di Kimbim guna mencari informasi terkait pembunuhan Michelle Kurisi.

Namun ia memastikan kabar pembunuhan dilakukan di Kimbim tidak benar dan Herie pun melakukan koordinasi dengan Polres sekitar guna mengembangkan pencarian.

"Masih sama-sama kita lidik terkait informasi itu, saya koordinasi dengan Kapolres Lanny Jaya untuk sama-sama cek," kata dia.

Pihak kepolisian belum bisa memberi tanggapan tegas terkait kebenaran informasi dan video tersebut.

"Kami telah melakukan penyelidikan yang teliti untuk mengungkap kebenaran dari informasi ini," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo melalui keterangan tertulis, Rabu (30/8/2023).

Dalam rilis dan video yang tersebar, pihak TPNPB menuduh korban adalah anggota intelijen TNI-Polri yang ingin mengambil data mengenai KKB.

Para pelaku pembunuhan disebut merupakan anggota KKB dari wilayah Nduga atau merupakan anak buah dari Egianus Kogoya.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/30/180952978/video-kkb-klaim-bunuh-aktivis-perempuan-beredar-kapolres-bantah-kejadian-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke