Salin Artikel

Diduga Kelebihan Muatan, Kapal Isap Produksi Timah Karam, 5 Awak Cedera

BANGKA, KOMPAS.com - Sebuah kapal isap produksi (KIP) timah karam di wilayah Cupat, Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (23/8/2023).

Sebanyak lima awak dilaporkan cedera saat kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 05.00 WIB tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka, Ridwan mengatakan, KIP dengan nomor lambung 11 itu tenggelam diduga karena kelebihan muatan pada salah satu sisi kapal.

"Mengalami over beban pada sisi kapal dan bagian depan yang menyebabkan kapal terbalik dan perlahan tenggelam," kata Ridwan kepada Kompas.com, Rabu.

Ridwan mengungkapkan, terdapat 18 awak yang berhasil dievakuasi. Lima di antaranya luka ringan.

Selain faktor beban, KIP 11 diduga tenggelam karena hempasan ombak saat cuaca buruk. Tim BPBD ikut bergerak ke lokasi mengevakuasi korban.

"Karena masuk wilayah Bangka Barat, kami berkoordinasi dengan BPBD Bangka Barat dan siap mem-backup proses evakuasi," ujar Ridwan.

Sejauh ini dipastikan tidak ada korban meninggal dalam kejadian itu. Sementara nilai kerugian masih dikalkulasi PT Timah Tbk selaku mitra dan pemilik izin usaha penambangan.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/23/155327478/diduga-kelebihan-muatan-kapal-isap-produksi-timah-karam-5-awak-cedera

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke