Salin Artikel

Saat Haedar Nashir Sebut Jokowi Presiden yang Paling Sering ke Acara Muhammadiyah...

MEDAN, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka kegiatan Muktamar ke-XXIII Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) di Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (19/8/2023). Kehadiran Jokowi disambut baik oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

Sebab, Jokowi rela menyempatkan waktu datang ke acara IPM di sela-sela persiapan kunjungan kerja ke sejumlah negara di Afrika.

"Padahal besok hari beliau harus terus bertolak ke negara-negara Afrika untuk kunjungan kenegaraan. Artinya beliau begitu menyempatkan, menyayangi Ikatan Pelajar Muhammadiyah," ujar Haedar saat menyampaikan sambutan di hadapan ribuan IPM.

Haedar juga menyampaikan bahwa Jokowi merupakan presiden yang paling sering datang di berbagai acara yang diselenggarakan Muhammadiyah.

"Beliaulah satu-satunya presiden yang paling sering ke Muhammadiyah. Terima kasih Pak Presiden," ujarnya.

Pesan untuk pelajar Muhammadiyah

Di sisi lain, Haedar berpesan kepada pelajar Muhammadiyah untuk terus berikhtiar menjadi pribadi yang religius, toleran dan cerdas. Tujuannya demi menjaga persatuan bangsa.

"Jadilah insan-insan yang selalu menjaga harmoni, toleransi dan persatuan dengan seluruh komponen masyarakat bangsa dan golongan," ujarnya.

Dia juga meminta para pelajar berperan aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sekaligus juga berwawasan global dan ikut berpartisipasi dalam proses demokrasi.

"(Lalu) sama pentingnya juga ikutilah teladan para tokoh bangsa yang lahir dari rahim Muhammadiyah," tuturnya.

"Saya atur-atur waktu harusnya saya hari ini berangkat ke Afrika, tapi karena ada Muktamar ke-23 Ikatan Pelajar Muhammadiyah, berangkatnya saya undur besok," kata Jokowi saat memberikan sambutan.

Rencananya, Jokowi akan langsung terbang ke Afrika tanpa kembali lagi ke Jakarta.

"Berangkatnya nanti saya langsung dari Medan," kata dia.

Jokowi mengaku ingin hadir ke muktamar IPM tahun ini karena ia terakhir kali bertemu dengan IPM pada tahun 2018, tepatnya pada Muktamar ke-XXI di Sidoarjo.

"Jadi kalau sudah berapa, hampir 4-5 tahun ini baru bertemu. Alhamdulillah bisa mengobati kangen saya kepada IPM," ujar Jokowi.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/19/144122078/saat-haedar-nashir-sebut-jokowi-presiden-yang-paling-sering-ke-acara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke