Salin Artikel

Saat Merah Putih Berkibar di Bawah Laut Anambas...

Komandan Lanal Tarempa, Letkol Laut (P) Ibni Jauhari mengatakan, pengibaran bendera di bawah laut ini telah menjadi agenda rutin tahunan yang dikoordinasikan oleh Lanal Tarempa.

Turut berpatisipasi pula Komunitas Selam Anambas, Napoleon Anambas Dive Center, perwakilan instansi pemerintahan dan swasta, pelajar, Pramuka Saka Bahari, serta elemen masyarakat lainnya.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Ibni Jauhari, Kamis (17/8/2023).

Pengibaran bendera juga diharapkan dapat memupuk semangat nasionalisme sebagai negara maritim, sekaligus mempromosikan keindahan laut Kepulauan Anambas.

Apalagi Kepulauan Anambas adalah wilayah NKRI yang berada di perbatasan Laut Natuna Utara.

Selain itu, tambah Ibni, pengibaran Bendera Merah Putih ini juga dilakukan untuk membuktikan bahwa pulau tersebut adalah milik Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kami hargai dan hormati jasa para pahlawan yang telah merebut dan mempertahankan Kemerdekaan dengan meningkatnya rasa nasionalisme yang tinggi terhadap NKRI,” jelas Ibni.

Ibni mengakui, tahun 2023 Pantai Tanjung Momong dipilih menjadi lokasi pengibaran bendera.

Ada sebanyak 25 penyelam dari berbagai elemen yang bertugas mengibarkan Sang Merah Putih di bawah laut.

Lebih jauh Ibni mengatakan, petugas pulau-pulau terluar dan terdepan di perbatasan utara Indonesia memiliki peran yang strategis dalam menjaga kedaulatan negara.

“Diharapkan soliditas dan sinergitas seluruh komponen masyarakat Kepulauan Anambas akan semakin kuat dan kokoh melalui partisipasi dan kerjasama seluruh pihak dalam menyukseskan kegiatan pengibaran bendera di bawah laut ini hingga berjalan aman, lancar dan khidmat,” terang Ibni.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/17/104456778/saat-merah-putih-berkibar-di-bawah-laut-anambas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke