Salin Artikel

Pemprov Jateng Bakal Bangun 4 Sekolah Baru di Daerah "Blank Spot"

SEMARANG, KOMPAS.com-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jawa Tengah bakal membangun empat unit sekolah baru (USB) yang tersebar di empat daerah.

Upaya itu melanjutkan pemerataan akses pendidikan di 17 daerah yang belum memiliki sekolah negeri atau biasa disebut blank spot di Jateng.

"Bertahap sudah kita lakukan. Tahun 2024 besok berkembang lagi, sudah disiapkan SMA/SMK di 4 lokasi lagi di Kota Tegal, Wonosobo, Klaten. Kemungkinan SLB di Banyumas karena belum punya SLB Negeri," tutur Kepala Bidang SMA Disdikbud Jateng, Kustrisaptono saat ditemui di kantornya, Selasa (15/8/2023).

Sebelumnya, Pemprov Jateng telah menambah fasilitas sebanyak 6 sekolah di blank spot. Kini 6 sekolah di sejumlah daerah terpencil itu sudah beroperasi dan membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

"Yang sudah SMA Tawangmangu, SMA 9 Pasar Kliwon Surakarta, SMK Lumbir, SMK Pagentan, SLB juga ada di Demak, kemudian SLB di Blora Randublatung, daerah terpencil telah dibuka SLB-nya," beber Kustri. 

Sementara ini, mengingat 4 USB dibangun tahun depan, kini masih ada 11 blank spot di Jateng. Pihaknya menjelaskan nantinya pembangunan bakal dilakukan secara bertahap hingga tahap 3.

Lokasi yang dipilih untuk dibangun mempertimbangkan potensi dari setiap titik blank spot yang paling siap dan faktor finansial.

"Satu melihat potensi yang siap ditambah perluasan akses itu. kedua melihat sisi finansial," tambahnya. 

Pasalnya untuk pembangunan USB, pihaknya harus bekerja sama dengan pemkot atau pemkab daerah masing-masing dalam pengadaan lahan. Sehingga Pemprov tinggal menyiapkan pembangunan.

"Kami juga kolaborasi, pemerintah kabupaten/kota juga harus andil dalam pengadaan lahan di 17 lokasi untuk dihibahkan ke provinsi. Nanti dari provinsi menyiapkan pembangunannya," katanya. 

"Biasanya bangun setahun nanti 2025 dibuka PPDB. Jadi kalau sudah pembangunan tahap 1, sudah bisa membuka PPDB. Nanti kalau sudah jalan, ada pembangunan tahap 2 lagi dan seterusnya. Yang penting tahap 1 untuk kelas 10 dulu," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/16/065615978/pemprov-jateng-bakal-bangun-4-sekolah-baru-di-daerah-blank-spot

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke