Salin Artikel

Embun Es Muncul 4 Hari Beruntun di Dataran Tinggi Dieng, Suhu Minus 2 Derajat Celsius

Kepala UPT Dieng Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara, Sri Utami mengatakan, fenomena ini merupakan yang keempat kalinya secara berturut-turut.

"Empat hari berturut-turut muncul embun es," kata Sri Utami melalui pesan singkat, Senin.

Sri Utami mengatakan, suhu pagi ini di kompleks Candi Arjuna tercatat minus 2 derajat Celsius.

"Selain di kompleks Candi Arjuna, kemunculan embun es juga meluas ka area pertanian warga di sekitarnya," ujar Sri Utami.

Lebih lanjut Sri Utami mengatakan, dengan adanya fenomena embun es ini jumlah kunjungan wisatawan ke Negeri Atas Awan ini pun mengalami peningkatan.

"Dengan adanya fenomena embun es, ada peningkatan kunjungan wisatawan antara 40 sampai 50 persen dari biasanya," kata Sri Utami.

Sri Utami mengatakan, wisatawan yang akan menikmati embun es harus datang pagi-pagi. Fenomena ini bisa dilihat antara pukul 05.30 WIB sampai pukul 07.00 WIB.

Diberitakan sebelumnya, tahun ini embun es kali pertama muncul pada Maret lalu. Embun es diperkirakan akan lebih sering muncul pada puncak musim kemarau yang diprakirakan BMKG akan terjadi pada Agustus dan September.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/14/095902278/embun-es-muncul-4-hari-beruntun-di-dataran-tinggi-dieng-suhu-minus-2

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke