Salin Artikel

Jalur Ujian SIM Dipermudah, Pengamat Sebut Berpotensi Mengurangi Kecelakaan Lalu Lintas

Koordinator Masyarakat Transportasi Salatiga Kristianto Irawan Putra mengatakan Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah legitimasi kemampuan seseorang dalam mengemudikan kendaraan bermotor.

"Kemudahan pembelian kendaraan bermotor secara kredit dan peningkatan daya beli masyarakat telah berkontribusi terhadap kemacetan dan meningkatnya kecelakaan di jalan raya," jelasnya, Rabu (9/8/2023).

Menurut Kristianto, kemacetan dan kecelakaan disebabkan salah satunya karena pengendara tidak mengetahui cara berlalu lintas yang baik dan benar.

"SIM dapat menjadi salah satu instrumen untuk memitigasi dampak negatif dari kecenderungan berkendara menggunakan kendaraan pribadi," ungkap lulusan Universitas Heidelberg, Jerman tersebut.

Selama ini, ujarnya, tes SIM C dikenal sebagai sebuah ujian yang cukup mustahil untuk bisa lulus.

"Sehingga praktik-praktik percaloan dalam pembuatan SIM atau SIM nembak pun banyak terjadi di lapangan," kata Kristianto.

"Jadi tujuan adanya SIM akan tercapai," kata Kristianto.

Terpisah, Baur SIM Satlantas Polres Salatiga Aiptu Joko Prasetyo mengatakan setelah perubahan jalur ujian praktik SIM dilakukan, ada peningkatkan kelulusan pemohon.

"Kalau dulu perbandingannya, misal dari 10 pemohon, yang lulus lima orang. Tapi sekarang bisa delapan orang, yang tidak lulus biasanya karena grogi atau tidak siap," jelasnya.

Joko menyampaikan, tidak ada kenaikan jumlah penerapan kebijakan tersebut.

"Kalau pemohon yang mengajukan SIM masih sama, selama tiga hari ini berkisar antara 150 sampai 200 orang, tapi memang untuk tingkat kelulusan pemohon naik jumlahnya," paparnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/10/235950978/jalur-ujian-sim-dipermudah-pengamat-sebut-berpotensi-mengurangi-kecelakaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke