Salin Artikel

Truk Bawa Kayu Gelondongan di Banyuwangi Terguling di Pelintasan, Jadwal KA Sempat Terganggu

Truk dengan nomor polisi W 8068 CB yang dikemudikan oleh Suhardi (69) asal Desa Wonojoyo, Kecamatan Gurah, Kediri tersebut, terguling usai melintasi rel KA.

Kapolsek Sempu, AKP Karyadi mengatakan, truk tersebut mengangkut kayu sengon dari Songgon dan akan dikirim ke Gresik.

"Saat itu ada mobil dari arah selatan yang tidak mau mengalah. Padahal sudah diberi kode lampu oleh truk," kata Karyadi, kepada Kompas.com, Kamis (10/8/2023).

Tak lama setelah itu, truk mengambil haluan ke kiri. Namun roda belakang truk masuk ke parit yang mengakibatkan truk terguling.

"Akibat kecelakaan tersebut, arus lalu lintas sempat terganggu. Termasuk jadwal perjalanan Kereta Api," ungkap Karyadi.

Evakuasi berjalan cukup lama, sebab posisi truk berada tepat di sebelah rel dan perlintasan KA berpalang pintu.

"Baru pukul 23.30 Wib evakuasi bangkai truk selesai dilakukan. Termasuk muatan kayu yang tumpah di jalan," ucap Karyadi.

Sementara itu PT KAI Daop 9 Jember meminta maaf atas terganggunya sejumlah jadwal relasi perjalanan Kereta Api

"Kami meminta maaf karena perjalanan KA Sritanjung relasi Lempuyangan-Ketapang dan KA Pandanwangi relasi Ketapang-Jember, terganggu," kata Plh Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Anwar Yuli Prastyo.

Dijelaskan Anwar, kecelakaan tersebut berada di pelintasan sebidang nomor 74 di dalam kawasan Stasiun Temuguruh.

"Lokasi truk yang terguling berjarak 140 sentimeter dari jalur 3 yang merupakan jalur lurus. Sehingga membuat jalur itu tidak dapat atau tidak aman untuk dilalui KA," kata dia.

Anwar mengatakan, KA Sritanjung sementara berhenti di Stasiun Kalisetail mulai pukul 19.13 WIB, sedangkan KA Pandanwangi berhenti di Stasiun Temuguruh mulai pukul 19.20 WIB.

"Evakuasi sempat membuat kawat sling putus, kemudian petugas memotong bumper truk tersebut agar menambah jarak aman dari rel," ujar Anwar.

Perjalanan baru dapat kembali lancar pada pukul 20.08 WIB. KA Pandanwangi tujuan Stasiun Jember baru bisa lewat di lokasi kejadian dengan aman.

"Meski posisi truk masih melintang diantara jalur 1 dan 2 Stasiun Temuguruh, tetapi hingga siang ini kereta api sudah dapat melintas di lokasi dengan aman," tandas Anwar.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/10/120933678/truk-bawa-kayu-gelondongan-di-banyuwangi-terguling-di-pelintasan-jadwal-ka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke