Salin Artikel

Sebut Videonya Dipotong, Ini Tanya Jawab Lengkap Bupati Banyumas dengan 3 Mahasiswa Unsoed yang Pilih Anies

BANYUMAS, KOMPAS.com - Bupati Banyumas Achmad Husein angkat bicara terkait potongan video tanya jawab dengan mahasiswa baru Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) yang viral di media sosial.

Husein mengatakan, diundang untuk memberikan sambutan dalam acara Soedirman Student Summit di Auditorium Graha Widyatama, Unsoed Purwokerto, Selasa (8/8/2023).

Namun, panitia hanya memberi waktu untuk memberi sambutan selama lima menit. Sehingga ia memilih untuk berdiskusi dengan mahasiswa baru.

"Saya panggil lima, kalau berani maju akan dijadikan ajudan milenial (program magang menjadi ajudan bupati selama 1 minggu)," kata Husein, di kantornya, pada Rabu (9/8/2023).

Pada saat itu, kata Husein, tiga mahasiswa yang duduk pada bagian depan langsung naik ke atas panggung dan disusul dua mahasiswa lain dari titik berbeda.

"Karena waktunya terbatas saya tanya yang pertama apa mimpi Indonesia ke depan? Dia jawab panjang, saya enggak hapal, yang kedua lebih panjang lagi, maunya begini begitu," ujar Husein.

Kemudian, Husein secara spontan melemparkan pertanyaan kepada mahasiswa yang ketiga tentang siapa sosok yang bakal memimpin Indonesia untuk mewujudkan mimpi-mimpi tersebut.

"Terhadap mimpi-mimpi yang disebutkan tadi, siapa yang pantasnya memimpin? Dalam benak hati saya akan dijawab Ganjar Pranowo, ternyata dijawab Anies Baswedan, kaget saya," kata Husein, sambil tertawa.

Husein mengatakan, tiga mahasiswa asal Depok, Jawa Barat ini tetap akan dijadikan sebagai ajudan milenial.

Husein menegaskan, diskusi tersebut bukan terkait dengan politik praktis.


"Bukan masalah capres, kan itu soal mimpi generasi muda Indonesia ke depan. Tapi, dua (mahasiswa) yang saya tanya (di awal) enggak dimasukkan (ke dalam video yang beredar)," jelas Husein.

Diberitakan sebelumnya, cuplikan video tanya jawab antara Bupati Banyumas Achmad Husein dengan mahasiswa baru Unsoed viral di media sosial.

Dalam cuplikan berdurasi 2 menit 20 detik ini, Husein awalnya menanyakan beberapa mahasiswa yang naik ke atas panggung siapa calon presiden (Capres) yang dijagokan memimpin Indonesia pada 2024.

Namun, jawaban yang diberikan tiga mahasiswa di luar dugaan. Dari pilihan tiga nama yang digadang-gadang menjadi capres, mereka kompak menyebut nama Anies Baswedan.

Sontak cuplikan video itu menjadi perbincangan warganet, karena jawaban yang diberikan mahasiswa itu dianggap tidak sesuai dengan keinginan Husein.

Pasalnya, Husein yang merupakan kader PDI Perjuangan selama ini di berbagai forum secara terbuka menjagokan Ganjar Pranowo sebagai Presiden.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/09/164019078/sebut-videonya-dipotong-ini-tanya-jawab-lengkap-bupati-banyumas-dengan-3

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke