Salin Artikel

Sakit Hati Kerap Ditinggal Istri, Pria Bakar Rumah Kades yang Juga Iparnya

LUWU TIMUR, KOMPAS.com - Polres Luwu Timur menangkap Samsul Hadi (56) warga Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara yang diduga pelaku pembakaran rumah Tahrim Langaji, Kepala Desa Lauwo, Kecamatan Burau, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, pada Rabu (5/7/2023) pukul 02.30 WITA lalu.

Wakapolres Luwu Timur Kompol Syamsul mengatakan, pelaku pembakaran rumah kepala desa merupakan ipar korban sendiri, sudah diamankan beserta barang bukti.

“Motifnya adalah sakit hati karena istri tidak bisa dihubungi atau berkomunikasi melalui ponsel yang mana istrinya pergi ke Kalimantan tanpa sepengetahuan suami, kata Syamsul saat dikonfirmasi, Selasa (8/8/2023).

Modus pelaku adalah membuang jeriken ukuran 10 liter yang berisi bensin di pojok rumah yang terdapat 5 unit sepeda motor.

“Pelaku kemudian membakar obor dan melempar obor tersebut di tempat bensin dan jeriken yang dibuang,” ucap Syamsul.

Samsul, dalam pengakuannya mengatakan, ia sakit hati lantaran istrinya tidak bisa dihibungi sejak pergi dari rumah di Konawe, bahkan ke Kalimantan tanpa izin pelaku.

"Saya kesal sama istri, sering meninggalkan saya, kalau dia pergi ke selatan pamit ada pesta bukan cuma pamit 1atau 2 minggu tapi berbulan-bulan bahkan pernah bertahun-tahun pernah 2 tahun lebih, pernah 1 tahun lebih, 8 bulan, 3 bulan sudah tidak terhitung, kalau dia balik yah balik dan saya tetap terima karena saya ingat anak dan semuanya saya sayangi biar bagaimana, ” ujar Samsul Hadi.

Lanjut Samsul Hadi, saat melakukan pembakaran, ia menggunakan kain yang dibentuk menyerupai obor dan bensin dalam jerken 10 liter, lalu dilemparkan ke dalam rumah.

”Sebelum saya bakar, saya berapa kali pulang balik, tapi pas depan rumah itu, motor saya mati, di saat itu saya lempar obor dengan bensin ke dalam,” tutur Samsul Hadi.

Polres Luwu Timur merilis kerugian korban dalam kejadian tersebut ditaksir Rp 1 miliar, sementara pelaku disangka melanggar Pasal 187 ayat 1 KUHPidana, dengan ancaman pidana 12 tahun penjara.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/08/144440778/sakit-hati-kerap-ditinggal-istri-pria-bakar-rumah-kades-yang-juga-iparnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke