Salin Artikel

Dihantam Gelombang Tinggi, Kapal Tongkang Kandas di Perairan Sumenep

KOMPAS.com - Dihantam cuaca buruk, kapal tongkang yang mengangkut kayu log kandas di perairan Masalembu Sumenep, Jawa Timur, Jumat (4/8/2023).

"Penyebabnya akibat cuaca buruk terus dihantam gelombang tinggi," kata Kepala Sub-Bagian Hubungan Masyarakat Polres Sumenep AKP Widiarti saat dihubungi, Senin (7/8/2023).

Dalam insiden itu, sembilan anak buah kapal (ABK) dilaporkan terjebak dan belum dievakuasi.

Widiarti mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan nakhoda kapal agar segera mengevakuasi ABK.

"Kita sudah menghubungi nakhoda untuk segera melakukan tindakan penyelamatan terhadap kapal agar tidak bertambah miring dan menimbulkan pencemaran atau kerusakan lingkungan maritim," kata dia.

Lokasi kapal

Widiarti melanjutkan, kapal tongkang itu sebelumnya ditarik oleh Kapal Tugboat. Lalu kapal yang mengangkut kayu log tujuan Pelabuhan Gresik itu tiba-tiba karam di 2 Mil dari Bibir Pantai Dusun Baru, Desa Masalima, Kecamatan Masalembu dengan titik koordinat 05°32'313" S/114°22'658" E.

Saat ini kondisi cuaca di peraira Masalembu masih tidak memungkinkan untuk mengevakuasi para ABK.

Namun petugas terus memantau kondisi para ABK di kapal yang berangkat dari dari Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

(Penulis : Ach Fawaidi | Editor : Krisiandi)

https://regional.kompas.com/read/2023/08/07/115217578/dihantam-gelombang-tinggi-kapal-tongkang-kandas-di-perairan-sumenep

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke