Salin Artikel

Perahu Diterjang Ombak, 8 Nelayan Kepri Hanyut ke Malaysia dan Diselamatkan

BATAM, KOMPAS.com – Delapan nelayan Kepulauan Riau (Kepri), Indonesia, yang hanyut hingga ke perairan Malaysia akhirnya dievakuasi dengan selamat.

“Alhamdulillah 8 nelayan yang hanyut kemarin, berhasil kami evakuasi dengan selamat melalui unsur KN Bintang Laut-401,” kata Pranata Humas Ahli Muda Bakamla RI, Kapten Bakamla Yuhanes Antara melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (5/8/2023).

Yuhanes mengatakan serah terima 8 nelayan ini dilakukan di perairan Malaysia, tepatnya di Tanjung Setapa pada, Kamis (3/8/2023) kemarin.

Kedelapan nelayan tersebut hanyut ke perairan Malaysia setelah perahu miliknya mengalami masalah mesin akibat dihantam ombak. Para nelayan ini merupakan nelayan mancing.

“Para nelayan ini awalnya dievakuasi oleh unsur patroli dari Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) karena telah masuk ke perairan Malaysia,” ungkap Yuhanes.

Setelah dievakuasi, lanjut Yuhanes, APMM langsung menghubungi Bakamla Zona Barat guna mengatur proses pemulangan kedelapan nelayan Indonesia tersebut.

Proses serah terima ini, sambung Yuhanes, melibatkan 3 belah pihak, yaitu Pemangku Pengarah Zon Maritim Tanjung Sedili APMM Komander Maritim Mohd Najib Bin Sam, Konsulat Jenderal Republik Indonesia Supt Yunik Dwi Astuti Mei Wulan, serta Bakamla RI Kolonel Bakamla Joko Wahyu Utomo yang merupakan Kepala Bidang Operasi Laut Zona Bakamla Barat.

“Keberhasilan tersebut merupakan buah kerjasama yang terjalin antara Bakamla RI dengan APMM yang tergabung dalam ASEAN Coast Guard Forum (ACF), bahkan hubungan baik ini ini sudah terjalin sejak Bakamla RI menangkap kapal Super Tanker MT Arman 114 yang turut melibatkan pasukan khusus Malaysia,” pungkas Yuhanes.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/05/101655078/perahu-diterjang-ombak-8-nelayan-kepri-hanyut-ke-malaysia-dan-diselamatkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke