Salin Artikel

Semarang Panas, dalam 1 Bulan Terjadi 33 Kebakaran karena Cuaca Ekstrem

SEMARANG, KOMPAS.com - Cuaca ekstrem yang terjadi di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) menjadi salah satu penyebab angka kebakaran mengalami peningkatan setiap bulan. 

Data Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Semarang, dalam satu bulan peristiwa kebakaran pada Juli 2023 mencapai 33 kejadian. Angka tersebut meningkat jika dibandingkan bulan sebelumnya. 

Kepala Damkar Kota Semarang Nurkholis membenarkan jika angka kebakaran semakin banyak. Hal itu disebabkan karena cuaca ekstrem yang terjadi sejak beberapa bulan lalu.

"Pada Mei 2023 ada 15 kebakaran, Juni ada 25 kebakaran dan Juli ada 33 kebakaran," jelasnya saat dihubungi melalui telepon, Kamis (3/8/2023). 

Dalam kurun waktu tiga bulan sejak Mei hingga Juli 2023 terdapat 2 korban jiwa yang meninggal dunia akibat kebakaran dan satu warga mengalami luka berat. 

"Sebab kebakaran didominasi oleh kompor. Ada 9 kejadian yang disebabkan karena kompor," paparnya. 

Untuk itu, dia mengingatkan warga Kota Semarang untuk waspada. Menurutnya fenomena El Nino akan membuat cuaca lebih panas dan berpotensi menyebabkan kebakaran. 

"Masyarakat harus waspada," paparnya.

Nurkholis juga meminta kepada warga untuk waspada terhadap instalasi listrik, terutama yang tidak sesuai dengan standar karena dapat rusak dan penyebabkan kebakaran. 

"Antisipasi juga tumpukan sampah dan ilalang yang mengering," imbuh dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/03/160531478/semarang-panas-dalam-1-bulan-terjadi-33-kebakaran-karena-cuaca-ekstrem

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke