Salin Artikel

Guru Dikatapel Orangtua Murid di Bengkulu, Pihak Sekolah Lapor Polisi

BENGKULU, KOMPAS.com - Seorang guru SMA di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Zaharman (58) dikatapel oleh orangtua murid dan mengenai matanya, Selasa (1/8/2023).

Akibat penganiayaan itu, pihak sekolah melaporkan kejadian ini ke Polsek Padang Ulak Tanding (PUT), Kabupaten Rejang Lebong.

Sebelum dikatapel orangtua murid, Zaharman menindak murid yang merokok di lingkungan sekolah dengan menendang bagian kepala.

Kapolres Rejang Lebong, AKBP Juda Teisno Tampubolon melalui Kapolsek Padang Ulak Tanding, Iptu Hengky Norianto membenarkan bahwa laporan penganiayaan terhadap guru atas nama Zaharman disampaikan ke Polsek oleh pihak sekolah.

"Saksi, pelapor, korban akan dimintai keterangan. Namun untuk korban belum bisa dimintai keterangan karena menjalani perawatan intensif pada bagian mata di rumah sakit Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan," kata Hengky dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (2/8/2013).

Kronologi kejadian

Hengky mengatakan, penganiayaan ini buntut dari kejadian Zaharman yang menghukum siswa berinisial PDM (16) karena merokok di sekolah dengan cara menendang kepalanya.

Setelah kejadian itu, PDM melaporkan ke orangtuanya, AR (45).

AR kemudian pergi ke sekolah dan bertemu dengan satpam sekolah. Saat itu AR mengatakan ingin bertemu Zaharman karena anaknya dipukul.

Meski sempat ditahan satpam sekolah, AR bisa masuk sekolah dan bertemu Zaharman. Seketika itu juga, AR mengarahkan katapel dan mengenai mata Zaharman. Melihat kondisi itu, AR lari.

"AR pasti akan kami mintai keterangan," tambah Kapolsek.

Kapolsek juga menambahkan, ada rencana pihak murid akan melaporkan aksi kekerasan yang dilakukan oleh Zaharman.

"Polisi akan berlaku obyektif dalam perkara ini karena laporan dan informasinya oknum guru dikenal kasar suka menendang siswa, memukul siswa yang salah atau nakal, bahkan tidak jarang meludahi muridnya. Kabarnya pihak siswa melapor ke Mapolres Rejang Lebong karena di Polsek tidak ada unit PPA," demikian Kapolsek.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/02/135648478/guru-dikatapel-orangtua-murid-di-bengkulu-pihak-sekolah-lapor-polisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke