Salin Artikel

Kronologi Penangkapan Ayah dan Anak Peretas Ponsel Milik Kapolda Jateng di OKI

KOMPAS.com - Ponsel milik Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi diretas. Dua peretas telah ditangkap di Sumatera Selatan (Sumsel) Minggu (30/7/2023).

Keduanya diketahui merupakan ayah dan anak warga kawasan Tulung Selapan, Ogan Komering Ilir (OKI).

Direskrimsus Polda Jateng, Kombes Pol Dwi Subagyo, pelaku berhasil meretas ponsel milik Irjen Pol Ahmad Luthfi hingga akhirnya terungkap selama seminggu.

"Pelaku meretas menggunakan aplikasi APK yang dikirimkan ke Ponsel itu. Jadi klik APK ponselnya dikuasai," ujarnya.

Sementara itu, dilansir dari Tribunnews.com, Dirreskrimum Polda Sumsel Kombes Pol M Anwar Reksowidjojo mengatakan, kedua pelaku merupakan ayah dan anak.

"Benar kami memang mem-back up Polda Jateng dalam kasus peretasan handphone Kapolda Jateng anggota kami terjunkan ke lokasi. Kedua pelaku ayah dan anak, " ujar Anwar, Senin (31/7/2023).

Total anggota Polda Sumsel yang membantu penangkapan ada 23 orang dan ditambah 4 orang anggota dari Polda Jateng, sehingga total 27 orang anggota.

"Diantaranya 16 anggota Jatanras, 7 anggota Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Sumsel dan 4 anggota dari Polda Jateng.

Sementara itu, Kasubdit III Jatanras Polda Sumsel Kompol Agus Prihadinika mengatakan, penangkapan dilakukan di Desa Kayu Ara, Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten OKI.

"Pelaku dua orang itu ditangkap Minggu pagi dan sampai di Palembang siangnya, kemudian langsung kita serahkan di hari yang sama ke tim Polda Jateng untuk dibawa dan diproses di sana," jelasnya.

Dia menambahkan, modus kedua pelaku yang salah satunya berinisial RN yakni dengan memberikan undangan APK dalam bentuk pesan WhatsApp ke Kapolda Jateng.

"Modus dengan undangan APK itu, " sambungnya.

(Penulis : Muchamad Dafi Yusuf | Editor : Ardi Priyatno Utomo) 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: Sosok Peretas Smartphone Irjen Pol Ahmad Luthfi Terungkap, 23 Polisi Dilibatkan Tangkap Pelaku

https://regional.kompas.com/read/2023/08/01/083251578/kronologi-penangkapan-ayah-dan-anak-peretas-ponsel-milik-kapolda-jateng-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke