Salin Artikel

KM Lintang Timur Samudra Karam di Selat Malaka, 11 ABK Ditemukan Selamat

PEKANBARU, KOMPAS.com - Sebanyak 11 orang anak buah kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Lintang Timur Samudra yang karam di perairan Selat Malaka ditemukan dalam keadaan selamat.

Kepala Basarnas Pekanbaru Budi Cahyadi mengatakan, kesebelas ABK itu selamat setelah dievakuasi kapal nelayan.

"11 orang ABK dievakuasi kapal nelayan dalam keadaan selamat," ucap Budi kepada wartawan melalui keterangan tertulis, Senin (31/7/2023) malam.

Para ABK itu, sebut dia, akan dibawa ke Pulau Panipahan di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau.

Sedangkan Kapal SAR RB 218 Dumai dan Kapal SAR Sanjaya Medan, saat ini menunggu di Pulau Jemur yang ada di Selat Malaka, yang masih berada di wilayah Kabupaten Rohil.

"Tim SAR gabungan bermalam di Pulau Jemur sambil memantau pelayaran kapal nelayan yang membawa 11 orang ABK yang selamat dari insiden kapal karam," sebut Budi.

Budi juga mengatakan, Tim SAR saat ini sudah bisa berkomunikasi dengan nahkoda KM Lintang Timur Samudra yang karam tersebut. Kondisi nahkoda dalam keadaan trauma.

"Kami sudah bisa menghubungi nakhodannya. Tapi, belum bisa banyak bicara karena masih trauma," kata Budi.

Kapal ini membawa hasil pertanian seperti pisang dan kelapa, yang berangkat dari Tanjung Balai Asahan, Sumatera Utara menuju Malaysia.

Namun, pada saat melewati Selat Malaka, kapal dihantam gelombang besar sehingga mengakibatkan karam.

"Lokasi kejadiannya masih masuk wilayah Indonesia. Lokasinya itu di perairan internasional zona ekonomi eksklusif (ZEE)," sebut Budi.

Setelah mendapat laporan kapal karam, pihaknya langsung mengerahkan tim dan peralatan ke lokasi.

Kata Budi, pihaknya juga berkoordinasi dengan Sar Medan, MRCC Putra Jaya Malaysia dan VTS Dumai untuk melakukan pertolongan.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/31/215053078/km-lintang-timur-samudra-karam-di-selat-malaka-11-abk-ditemukan-selamat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke