Salin Artikel

Sudah 2 Bulan Vaksin Rabies Kosong di Sikka NTT, Ribuan Anjing Belum Divaksinasi

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sikka, Yohanes Emil Satriawan mengatakan, telah meminta pihak penyedia untuk mempercepat pengiriman vaksin ke wilayah Sikka..

"Saya sudah minta penyedia untuk mempercepat pengiriman. Informasinya vaksin HPR sudah sampai di Kupang," ujar Satriawan saat dihubungi, Sabtu (29/7/2023).

Satriawan menuturkan, sudah dua bulan terakhir vaksinasi dihentikan sementara lantaran ketiadaan stok vaksin. Akibatnya capaian vaksinasi HPR di Sikka masih rendah.

Ia menyebut dari total populasi HPR yang mencapai 55.000 ekor, baru 2.760 ekor HPR yang disuntik vaksin.

Kendati demikian pemerintah telah melakukan berbagai upaya pencegahan penyebaran virus rabies melalui sosialisasi mulai dari tingkat kabupaten hingga desa.

Satriawan menambahkan sembari menunggu vaksin tiba, pihaknya melokalisir wilayah yang memiliki kasus gigitan anjing.

"Untuk sementara kita lokalisir dulu nanti kalau vaksinnya sudah ada maka akan dilanjutkan proses vaksinasi khusus di wilayah yang memiliki kasus gigitan," pungkasnya.

Sekretaris Komite Rabies Flores dan Lembata Asep Purnama meminta, agar pemerintah mempercepat pelaksanaan vaksinasi minimal 70 persen dari populasi.

Apalagi selama beberapa bulan terakhir jumlah kasus gigitan anjing menunjukkan tren yang meningkat hingga mengakibatkan korban jiwa.


Asep juga meminta warga yang memiliki hewan penular rabies menjadi pemilik yang bertanggung jawab. Pastikan vaksinasi rabies rutin setiap tahun.

"Jangan biarkan anjing berkeliaran, ikat atau kandangkan. Anjing sehat, keluarga selamat," ujar Asep.

Selain itu, lanjutnya, masyarakat diimbau menghindari gigitan anjing. Kalau tergigit, cuci luka gigitan dengan air mengalir dan menggunakan sabun atau detergen selama 15 menit

Bawa segera korban ke puskesmas atau rumah sakit terdekat dan konsultasi dengan petugas kesehatan. Dapatkan vaksin anti rabies (VAR) atau serum anti rabies (SAR) sesuai petunjuk petugas kesehatan.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/29/114126878/sudah-2-bulan-vaksin-rabies-kosong-di-sikka-ntt-ribuan-anjing-belum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke