Salin Artikel

Maumere Hasilkan 138 Kubik Sampah Per Hari, tetapi Truk Pengangkutnya Minim

Kepala Seksi Persampahan DLH Sikka Marselus Lado menjelaskan, ratusan kubik sampah ini berasal dari tiga wilayah kecamatan dalam kota, yakni Alok, Alok Timur, dan Alok Barat.

"Produksi sampah di kita ini diperkirakan mencapai 138 kubik per hari. Untuk ril berapa ton sampah per hari itu belum bisa pastikan karena belum ada jembatan timbang," ujar Marselus di Maumere, Senin (24/7/2023).

Marselus menyebutkan, sejauh ini DLH memiliki truk pengangkut sampah, berupa empat unit arm roll dan lima unit dump truck.

Dalam sehari truk sampah ini beroperasi sebanyak tiga kali. Mulai pukul 04.00 Wita-08.00 Wita, 08.00 Wita-13.00 Wita, dan 13.00 Wita-18.00 Wita.

"Tapi kalau dilihat dari volume sampah per hari, kita masih mengalami kekurangan armada (truk) pengangkut sampah," ujarnya.

Idealnya, ungkap Marselus, tiap kecamatan memiliki tiga dump truck pengangkut sampah dan penambahan dua arm roll. Totalnya dump truck sembilan unit, arm roll enam unit.

Dengan begitu pelayanan akan lebih maksimal, mengingat wilayah Maumere yang cukup luas.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH), kata dia, pernah mengusulkan kepada DPRD setempat untuk pengadaan mobil pengangkut sampah, namun hingga saat ini belum terealisasi.

"Sudah sering (diusulkan). Dump truck kita ini kan juga sudah lama bahkan sering rusak. Karena itu kami butuh armada pengangkut sampah yang baru," ujarnya.

Terkait tenaga operasional, lanjut Marselus, masih cukup untuk melayani tiga kecamatan.

"Untuk pengangkut dan sopir itu 78 orang, ini masih cukup untuk melayani tiga. Hanya saja kekurangan kita adalah armada pengangkut," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/24/090109578/maumere-hasilkan-138-kubik-sampah-per-hari-tetapi-truk-pengangkutnya-minim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke