Salin Artikel

Kirab Malam 1 Suro Pura Mangkunegaran, Ganjar Ikut Tak sampai Selesai, Gibran Sempat Berlari karena Telat

Namun, Ganjar Pranowo tidak mengikuti ritual kirab malam 1 Suro di Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah, hingga selesai. Tampak Ganjar keluar dari rombongan peserta kirab setelah tiba di Kawasan Pintu Barat, Pura Mangkunegaran.

Adapun Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sempat terlambat mengikuti kirab. Gibran terlihat langsung berlari mengikuti peserta kirab saat rombongan ada di Depan Pintu Gerbang Utama.

"Acara ritual tahunan yang menurut saya bagus. Kebudayaannya masih berjalan dan menarik ya, yang mau ikut kirab jalan terus. Yang ndak ikut kirab, boleh berhenti di sini sambil berdoa," kata Ganjar Pranowo, di Pura Mangkunegaran.

Kirab diberangkatkan langsung oleh Mangkunegara X dan cucuk lampah atau dipimpin oleh GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara.

Kemudian, disusul rombongan lain dari Pintu Gerbang Utama Pura Mangkunegaran menuju ke Jalan Kartini, Jalan RM Said, Jalan Teuku Umar, kemudian kembali ke Pura Mangkunegaran.

"Jadi menurut saya perkawinan antara budaya dan kepercayaan serta antusiasme masyarakat luar biasa. Mudah-mudahan memasuki tahun baru bisa membuat lebih semangat dan merefleksikan diri. Sebelumnya yang kurang kita perbaiki yang kurang bagus kita genjot," paparnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/19/024228578/kirab-malam-1-suro-pura-mangkunegaran-ganjar-ikut-tak-sampai-selesai-gibran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke