Salin Artikel

Peserta Kirab Malam 1 Suro Pura Mangkunegaran Dilarang "Selfie", kalau Nekat, Bakal Dikeluarkan dari Prosesi

Pengageng Wedhana Satrio Pura Mangkunegaran KRMT Lilik Priarso mengatakan, aturan ini mulai ditenggakan kembali pada tahun ini.

Ribuan peserta kirab bakal hadir dalam ritual ini, mulai dari kerabat Pura Mangkunegaran hingga masyarakat umum.

Kirab dimulai dengan membawa pusaka dalem, mengelilingi tembok Pura Mangkunegaran. Kemudian, disusul dari rombongan lain dari Pintu Gerbang Utama Pura Mangkunegaran menuju ke Jalan Kartini, Jalan RM Said, Jalan Teuku Umar, kemudian kembali ke Pura Mangkunegaran.

"Jadi peserta kirab, yang ikut dalam barisan itu ada yang selfie kita keluarkan. Kalau bicara-bicara kita peringatkan, tapi kalau sudah berhenti selfie, itu dikeluarkan," kata KRMT Lilik Priarso saat di Pura Mangkunegaran pada Selasa (18/7/2023).

Kirab ini diberangkatkan langsung oleh Mangkunegara X dan cucuk lampah atau dipimpin oleh GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara.

Untuk tamu undangan khusus yakni Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan tokoh lainnya.

Untuk itu, dia mengatakan bakal ada pengawasan cukup ketat akan diberlakukan oleh Pura Mangkunegaran, dalam prosesi ritual ini.

"Nanti kita tambah petugas, penegasan lagi kalau sudah keluar, tidak boleh masuk lagi ikut kirab," ujarnya.

"Ini proses merenung diri itu kan enggak boleh bicara, maknanya memiliki keinginan sedianya evaluasi diri ya, refleksi diri," lanjutnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/18/171132078/peserta-kirab-malam-1-suro-pura-mangkunegaran-dilarang-selfie-kalau-nekat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke