Salin Artikel

Gara-gara Buka Pesan Ber-file APK, WhatsApp Wabup Banyumas Kena Bajak

Pembajakan terjadi setelah dirinya membuka pesan WhatsApp berisi undangan dengan file APK pada Jumat (14/7/2023) malam.

Sadewo mengatakan telah melaporkan pembajakan ini ke Polresta Banyumas.

"Karena saya telah menjadi korbannya, mohon sekali lagi masyarakat berhati-hati. Dan apabila ada (pesan) WA dari nomor saya, abaikan dulu," kata Sadewo kepada wartawan, Sabtu (15/7/2023).

Sadewo menjelaskan, pada Jumat malam berniat meneruskan pesan WhatsApp berisi undangan dengan file APK kepada ajudan atau bagian tata usaha.

"Seperti biasa kalau undangan, maka akan saya teruskan kepada TU atau ajudan. Ternyata saya juga membuka undangan yang tertulis APK. Akibatnya, WA saya tidak bisa dipakai sama sekali," ujar Sadewo.

Menurut Sadewo, nomor WhatsApp dari Kartu Halo 0811291371 juga mengirimkan pesan APK tersebut kepada semua kolega yang biasa dihubungi.

Tak hanya itu, dirinya juga banyak sekali menerima SMS yang berisi notifikasi transaksi pembelian sejumlah barang.

"Padahal, saya sama sekali tidak membeli. Jadi, mereka memanfaatkan aplikasi Telkomsel Kartu Halo untuk membeli, cukup banyak pembeliannya," kata Sadewo.

Sadewo mengatakan belum mengetahui apakah pelaku pembajakan juga menguras isi rekening tabungannya atau tidak. Namun demikian, ia telah berupaya memblokir password dan PIN ATM.

"Saya tidak tahu, apakah orang yang melakukan ini melakukan penyedotan ATM atau tidak. Karena ini hari Sabtu, tidak bisa mengecek saldo saya," ujar Sadewo.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/15/144212078/gara-gara-buka-pesan-ber-file-apk-whatsapp-wabup-banyumas-kena-bajak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke