Salin Artikel

Dihantam Badai, 2 Kapal Pengangkut BBM Pertamina Terdampar di Pantai Padang

Dua kapal yang mengalami insiden itu adalah Kapal SPOB Karya Budi Terang (KBT) VII dan Sumber Jaya 01 di Pelabuhan Muara Padang.

"Insiden kapal SPOB KBT VII dan SJ 01 di Pelabuhan Muaro Padang itu terjadi pukul 02.50 WIB, Jumat (14/7/2023)," kata Sales Area Manager (SAM) PT Pertamina Patra Niaga Sumbar Narotama Aulia Fazri dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kompas.com, Jumat (14/7/2023).

Narotama menyebutkan terjadinya insiden disebabkan adanya arus hujan yang kuat dari arah hulu menuju Pelabuhan Muaro, tempat Kapal SPOV KBT VII dan SJ 01 sandar untuk melakukan pemuatan BBM/K untuk kebutuhan di Kepulauan Mentawai.

Adanya arus kuat dari arah hulu Pelabuhan Muaro membuat tali kapal putus pukul 03.00. Sesaat sebelum kejadian tali terputus, ABK kapal sudah siaga di bagian haluan/ deck kapal untuk melakukan penyelamatan.

Akan tetapi arus terlalu kuat sehingga membuat kapal terbawa arus dan kandas.

“Tidak ada korban dalam peristiwa itu,” kata Narotama.

Akibat kejadian itu, ada potensi terhambatnya pengiriman BBM menuju SPBU di Kepulauan Mentawai.

Menurut Narotama, kondisi saat ini, arus ombak masih relatif tinggi.


Setelah arus ombak sudah agak tenang, KSOP dan Transportir akan menarik untuk Kapal SPOB Sumber Jaya 01 yang tidak mengalami kebocoran.

Sedangkan Kapal SPOB Kurnia Budi Terang VII terkena batu dan mengalami kebocoran pada badan kapal.

Pertamina Patra Niaga Sumbar sudah berkomunikasi dan koordinasi dengan transportir dan KSOP terkait langkah penanganan lanjutan hingga menyiapkan kapal pengganti dari Kapal SPOB KBT 07 untuk suplai ke SPBU Mentawai.

“Insya Allah supply BBM ke Mentawai aman karena akan dicarikan kapal pengganti,” kata Narotama.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/14/150647878/dihantam-badai-2-kapal-pengangkut-bbm-pertamina-terdampar-di-pantai-padang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke