Salin Artikel

Mundur Jadi Bupati dan Pilih "Nyaleg" di DPRD Donggala, Kasman Lassa Ingin Kawal Anaknya Maju Pilkada 2024

Kasman mengaku sudah mengirimkan surat pengunduran diri kepada Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) dan DPRD Donggala pada 7 Juli 2023. Saat ini dirinya masih menunggu surat pemberhentian dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri). 

"Saya tujukan kepada gubernur, dan juga DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Donggala silahkan mereka proses," katanya saat ditemui di sebuah hotel di Palu, Kamis (13/7/2023).

"Sambil menunggu surat pemberhentian saya dari menteri dalam negeri. Sepanjang surat pemberhentian sebagai kepala daerah belum turun ya saya tunggu sampai turun," imbuhnya.

Dia mengaku tak ambil pusing dengan komentar yang mempertanyakan pencalonannya sebagai anggota DPRD Donggala. Menurutnya, sejumlah pihak menyarankan agar dirinya maju pileg DPRD provinsi atau DPR RI. 

Kasman sudah tidak punya mimpi untuk maju sebagai calon anggota DPR RI atau menjadi gubernur. Kasman justru memberikan kesempatan kepada kawan-kawan lain maju DPR RI

"Saya dengan umur yang ada dengan kemampuan yang ada, lebih mudah saya menggarap masyarakat di sekeliling saya. Yang saya garap cuma kampung saya saja. Di mana Kacamatan Banawa dan Banawa Tengah itu kampung orangtua saya," katanya. 

"Intinya saya ingin menikmati dan mengawal anak saya (Widya Lassa). Sebagai orangtua, saya mengawal anak untuk menghadapi pemilu kada (pemilihan umum kepala daerah) di tahun 2024 nanti, " jelasnya.

Widya Lassa  merupakan mantan anggota dewan periode 2019-2024 dari Partai Nasdem. Setelah 3 tahun duduk menjadi anggota dewan Widya kemudian mundur.

Kasman mengatakan Widya Lassa mempunyai talenta yang mumpuni.

"Dia alumni lemhanas (Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia). Saya dorong dia. Saya kawal dia di daerah. Jangan dia perempuan berjuang sendiri. Harus dikawal," tegasnya.

Dia mengaku tak gengsi jika pencalonannya di DPRD Donggala sebagai penurunan jabatan.

"Kenapa saya dari atas terus turun begini? Saya mau jadikan anak saya seperti saya. Saya sudah tidak ada gengsi. Yang jelas anak saya saya giring untuk jadi (bupati Donggala)," ungkapnya. 

Ketua Divisi Teknis KPU Donggala Andi Kasmin mengatakan Kasman Lassa saat ini terdaftar sebagai bakal calon legislatif (Bacaleg) PAN di Pileg 2024 untuk DPRD Donggala.

"Iya betul sudah mendaftar Pak Kasman," ujarnya.

Terkait surat pengunduran diri Kasman Lassa sudah disetujui, DPRD Donggala, Selasa (11/7/2023). Ketua DPRD Donggala Takwin mengatakan hasil rapat paripurna itu sudah diantar langsung oleh staf sekretariat DPRD ke kantor Gubernur.

"Selanjutnya menunggu kapan Pak gubernur mengusulkan ke Mendagri untuk pengesahan pemberhentiannya," katanya. 

https://regional.kompas.com/read/2023/07/13/231221878/mundur-jadi-bupati-dan-pilih-nyaleg-di-dprd-donggala-kasman-lassa-ingin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke