Salin Artikel

Detik-detik Bus Agra Mas Terguling di Tol Pemalang-Pejagan, Diduga Sopir Hilang Kendali

KOMPAS.com - Kecelakaan tunggal Bus Agra Mas terjadi di Tol Pejagan-Pemalang Kilometer 298 Jalur A +800, tepatnya di Desa Kreman, Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah pada Senin (10/7/2023).

Dalam kecelakaan tersebut, bus dengan nomor polisi B 7313 KGA tersebut sempat terguling beberapa kali hingga tercebur ke area persawahan.

Akibat insiden tersebut, 2 orang meninggal dunia dan 7 orang mengalami luka-luka sehingga dilarikan ke RS Siaga Medika Pemalang.

Saat ini, polisi masih mendalami penyebab kecelakaan bus.

Detik-detik bus terguling

Salah satu penumpang, Kardi, asal Wonogiri, mengungkapkan, Bus Agra berangkat Senin pagi dari pangkalan bus di Bogor, Jawa Barat, dengan 5 orang penumpang dan diteruskan pada agen-agen sehingga total keselurahan penumpang kurang lebih 33 orang.

Kardi bersama istrinya, Nurlaela, duduk pada bangku nomor 7, tidak jauh dari ruang kemudi.

Selama perjalanan, dirinya tidak merasakan adanya kejanggalan. Hanya saja, setelah keluar dari rumah makan, dia merasakan bus sering kali berjalan oleng.

"Tepat usai kru bus membagikan snack pada penumpang, tiba-tiba bis oleng dengan cepat padahal ruas jalan saat itu sepi kendaraan. Dan yang saya rasakan bus langsung oleng dan terbalik selama 3 kali dan nyemplung ke sawah," kata Kardi, di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS Siaga Medika Pemalang, Senin.

Terjepit badan bus

Kardi mengatakan, saat kondisi bus terguling, istrinya terlepas dari dekapanya hingga diketahui terjepit pada badan bus.

Selain istrinya, banyak penumpang lainya yang terlempar keluar.

"Saya hanya bengkak pada kaki sebelah kanan, tetapi istri saya yang tergencet badan bus saat ini sedang di scan mediakal," ungkap dia.

Sementara itu, salah satu korban selamat, Iksan mengatakan, kecepatan bus diperkirakan mencapai lebih dari 100 kilometer/jam karena saat itu jalan sedang lengang. Dia pun tak ingat berapa kali bus terguling karena kejadian begitu cepat.

"Saya lupa berapa kali terguling, karena kejadian begitu cepat saat bus oleng," ujarnya saat di jumpai di RS Siaga Medika Pemalang.

2 korban tewas

Seluruh korban dalam peristiwa tersebut telah dilarikan ke RS Siaga Medika Pemalang.

"Kami melakukan evakuasi pada kendaraan bus yang mengalami kecelakaan di jalur 298 A dan terdapat korban meninggal dunia di tempat kejadian dua orang," kata Kasatlantas Polres Tegal AKP Erwin Chan Siregar, Senin (10/7/2023).

Erwin mengatakan, saat ini 2 korban meninggal dan 7 korban luka berada di Rumah Sakit Siaga Medika Pemalang.

"Untuk korban termasuk luka dibawa ke Rumah Sakit Pemalang," kata Erwin.

Dugaan sementara dari kepolisian, bus mengalami oleng karena pengemudi tidak bisa mengedalikan laju kendaraannya sehingga terguling.

"Hasil penyelidikan awal kami, bus dari arah barat ke timur kemudian bus oleng dan terjun ke parit. Penyebab pasti kecelakaan kami masih melakukan penyelidikan lebih lanjut," kata Erwin.

Identitas korban

Polisi juga telah melakukan pendataan kepada seluruh penumpang Bus Agra Mas termasuk 2 korban meninggal dunia dan 7 korban selamat.

Dua korban meninggal dunia berinisial KRN (28) warga Ponorogo, Jawa Timur dan MRD (60) warga Wonogiri, Jawa Tengah telah disemayamkan di kamar jenazah RS Siaga Medika Pemalang.

Sementara, 7 penumpang selamat menderita luka-luka akibat benturan dan patah tulang di antaranya berinisial AJ (50) pengemudi bus, MKS (55) GF (41), KSWJ (70), KRN (47), SN (50) dan RKN (70).

Sumber: Kompas.com (Penulis Kontributor Pemalang, Dedi Muhsoni, Kontributor Tegal, Tresno Setiadi | Editor Robertus Belarminus, Dita Angga Rusiana)

https://regional.kompas.com/read/2023/07/11/152131078/detik-detik-bus-agra-mas-terguling-di-tol-pemalang-pejagan-diduga-sopir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke