Salin Artikel

Operasi Patuh 10-24 Juli di Kota Blitar, Polisi Pakai Tilang Elektronik dan Manual

Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono mengatakan bahwa operasi patuh dilaksanakan dengan tujuan untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di Kota Blitar.

"Angka kecelakaan lalu lintas di Jawa Timur masih tinggi, termasuk di wilayah hukum Polres Blitar Kota," kata Argo kepada wartawan, Senin (10/7/2023).

Argo mengklaim rata-rata korban kecelakaan lalu lintas tersebut mengalami luka berat.

Namun Argo tidak menyebut berapa angka kecelakaan di Jawa Timur maupun di Kota Blitar.

Argo mengatakan polisi akan melakukan penindakan terhadap pelanggar peraturan lalu lintas selama Operasi Patuh Semeru 2023 melalui beberapa cara.

Bahkan, lanjutnya, tidak hanya tilang secara elektronik (ETLE) tapi juga pemberian kewenangan kepada petugas untuk melakukan penilangan secara manual.

Tilang ETLE, ujarnya, akan dilakukan melalui ETLE stasioner yang sudah terpasang di tiga titik pintu masuk ke Kota Blitar.

Selain itu, kata dia, tilang ETLE juga dijalankan menggunakan mobil INCAR, mobil yang dilengkapi dengan peralatan tilang elektronik.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Blitar AKP Mulya Sugiharto menambahkan bahwa pihaknya akan memberikan prioritas pengawasan pada angkutan barang dengan muatan berlebih.

Selain itu, lanjutnya, polisi juga akan melakukan penindakan tegas pada aksi balap liar serta pengendara yang ugal-ugalan di jalan raya.

"Hal-hal ini yang kami sampaikan kepada petugas di lapangan selama Operas Patuh Semeru 2023," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/10/161931478/operasi-patuh-10-24-juli-di-kota-blitar-polisi-pakai-tilang-elektronik-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke