Salin Artikel

Anjing Rottweiler Lepas dari Kandang Mangsa Angsa, Damkar Turun Tangan

SALATIGA, KOMPAS.com - Seekor anjing jenis rottweiler yang lepas dari kandang memangsa angsa yang berada di kandang terbuka.

Tiga angsa menjadi korban, dengan satu di antaranya mati dan dua mengalami luka.

Kepala Seksi Pencegahan dan Inspeksi Bidang Pemadam Kebakaran Satpol PP Kota Salatiga, Betty Wahyu Nilla Sari mengatakan, kejadian tersebut berlangsung pada Sabtu (8/7/2023) pukul 12.00 WIB.

"Tim Damkar mendapat laporan dari Nisrina Dian di Jalan Tirtoyoso Nanggulan, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, ada anjing lepas dan memangsa angsa," kata Betty, saat dihubungi, pada Minggu (9/7/2023).

Betty mengungkapkan, kandang anjing tersebut jebol lalu memangsa angsa.

"Pemilik anjing dan angsa ini orang yang sama, tapi yang mengurusi anjing sedang pergi karena ada keperluan di Semarang," ungkap dia.

"Posisi kandang angsa tepat di belakang kandang anjing. Sisi kandang anjing yang jebol tepat bersisian dengan kandang angsa," tambah Betty.

Menurut Betty, saat akan dievakuasi, anjing tersebut sudah di depan rumah warga yang berpagar.

"Ada teman dari pemilik anjing yang membawa anjing lain untuk memancing agar mendekat, lalu saat dekat langsung dirantai juga," ujar dia.

Selanjutnya, anjing tersebut dibawa ke rumah yang berjarak sekira 50 meter dari lokasi matinya angsa.

"Petugas menemani atau ikut mengantar anjingnya ke rumah pemilik karena ukuran lumayan besar, kalau satu orang agak kewalahan membawa dua anjing," kata Betty.

Betty mengimbau kepada pemilik binatang peliharaan untuk selalu mengecek kondisi kandangnya agar tidak lepas dan membahayakan pihak lain.

"Karena berbahaya juga kalau menyerang orang yang sedang lewat, ini perlu antisipasi dengan pengecekan kandang secara berkala," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/09/143109978/anjing-rottweiler-lepas-dari-kandang-mangsa-angsa-damkar-turun-tangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke