Salin Artikel

9 Bocah di Palembang Diduga Terlibat Sindikat Pemalak Sopir Truk, Modus Jadi Pengamen

PALEMBANG, KOMPAS.com - Sebanyak 9 orang anak di bawah umur terlibat aksi pemalakan terhadap sopir truk yang melintas di simpang Jalan Bypass Alang-Alang Lebar, Palembang, Sumatera Selatan.

Para anak-anak yang terlibat itu berinisial SA (16), RN (12),D P (15), DV (14), DWK (12), RS (17), RS (15), AZ (12) dan RS (17).

Selain itu, polisi juga menangkap empat orang pria dewasa yang menjadi otak dibalik pemalakan itu yakni Bayu Anggara (33), Tomiyanto (40), M Nalip (20) dan Junaidi Nasution (18).

Kasat Reskrim Polrestabes Palembang AKBP Haris Dinzah mengatakan, modus yang digunakan para komplotan ini dengan berpura-pura menjual minuman kaleng hingga mengamen.

Namun, mereka mematok harga Rp 10.000 kepada para sopir truk terutama yang berasal dari luar wilayah Sumatera Selatan.

“Bahkan mereka meminta uang mencapai Rp 50.000 bila menolak kaca mobil akan dipecahkan,” kata Haris saat melakukan gelar perkara, Rabu (5/7/2023).

Haris menjelaskan, para anak di bawah umur ini tidak segan naik ke atas mobil bahkan membuka paksa pintu mobil untuk meminta uang. Bila sopir tersebut melawan, para pria dewasa yang berada di lokasi akan mengancam para sopir.

“Anak-anak ini modusnya mengetuk pintu mobil, saat kaca dibuka mereka akan langsung mengambil benda apapun yang ada di dashboard mobil. Bila melawan mereka akan memanggil pria dewasa,”ujarnya.


Sembilan anak-anak yang ikut ditangkap polisi selanjutnya akan dibina oleh Dinas Sosial dan Balai Pemasyarakatan Anak (BAPAS) Palembang. Sementara, empat pria dewasa kini ditetapkan sebagai tersangka atas kasus pemalakan.

“Karena kegiatan mereka ini sudah sangat meresahkan, orangtuanya akan dipanggil. Anak-anak ini semuanya putus sekolah, sehingga nantinya akan dibina,”ujarnya.

Untuk diketahui aksi pemalakan sopir truk ini sebelumnya viral di media sosial setelah diupload oleh akun@plgkasus.

Dalam video yang beredar para pelaku ternyata tak hanya mengincar sopir truk.

Namun, mobil pribadi yang melintas ikut menjadi sasaran. Para pelaku bahkan nekat memasukkan kepalanya lewat pintu kaca pengemudi dan mengambil barang yang ada di dalam dashboard.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/05/195513778/9-bocah-di-palembang-diduga-terlibat-sindikat-pemalak-sopir-truk-modus-jadi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke