Salin Artikel

Sekjen PDI-P Ungkap Kriteria Cawapres Pendamping Ganjar Pranowo

"Sosok wakil yang punya kemampuan profesional, kemampuan teknik, taktik dan mampu menyebarkan apa yang menjadi tema Rakernas PDI-P yaitu fakir miskin dipelihara negara," kata Hasto kepada wartawan usai membuka Rakerda PDI-P Sumbar, Selasa (4/7/2023) di Padang.

Hasto mengatakan PDI-P meneladani kepemimpinan Bung Karno dan Hatta yang dipandang saling melengkapi.

Ganjar dinilai punya pengalaman dua periode jadi legislatif, dua periode sebagai gubernur sehingga tentu pengalaman pemerintahan sangat luas.

"Kita juga memahami kepimpinan Indonesia di dunia internasional. Perang Rusia Ukraina, ketegangan Laut Tiongkok Selatan memerlukan suatu tanggung jawab presiden bagi masa depan. Jadi kita cari yang tentu saja yang terbaik, yang saling melengkapi kepimpinan untuk rakyat," jelas Hasto.

Hasto menjelaskan sampai sekarang nama-nama cawapres masih di tempat Megawati Soekarnoputri.

"Kepemimpinan Pak Ganjar banyak diterima luas sehingga kandidat bakal cawapres banyak, terus dikerucutkan. Kemudian bulan Juli, Agustus menjadi momentum penggodokan dan akan mencari perpaduan terbaik," kata Hasto.

Hasto mengatakan, PDI-P melihat dan mencari aspek-aspek elektoral, sehingga satu perpaduan di kepemimpinan Ganjar dengan wakil yang akan mendampingi nanti dipastikan mendapatkan dukungan terbesar dari rakyat Indonesia untuk memenangkan pemilu.

"Juli, Agustus bulan penggodokan, pematangan. Kemudian September, tentu saja ini kewenangan ibu ketua umum untuk mengumumkan calon wakil presiden," jelas Hasto.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/04/181731178/sekjen-pdi-p-ungkap-kriteria-cawapres-pendamping-ganjar-pranowo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke