Salin Artikel

Kadispar NTB Klaim Penonton MXGP Tembus 75.000 Penonton

"Prediksi saya pribadi dari tiga hari jalannya event sejak pembukaan konser, latihan bebas, hingga race hari ini tembus 75.000 penonton," kata Jamal sapaan akrab Jamal, Minggu (2/7/2023).

Jamal mengungkapkan, penonton MXGP Lombok lebih banyak dari pada MXGP Samota Sumbawa. Menurut Jamal, jumlah penonton itu bukan dari terhitung dari jumlah tiket. Namun, jumlah penonton termasuk akumulasi dari tiga hari berjalannya event.

"Kalau di Sumbawa kemarin itu sekitar 60.000-an. Sekarang alhamdulillah lebih banyak dan tentu ini berpengaruh terhadap UMKM juga," kata Jamal.

Untuk dampak pariwisata diakui Jamal tidak sebaik event WSBK dan MotoGP di Mandalika. Hal mengingat jenis balapan yang berbeda. Selain itu WBSK dan MotoGP banyak mengundang tamu dari luar daerah.

"Memang beda dengan MotoGP ya, tamu luar negeri maupun luar daerah provinsi yang memenuhi hotel di Lombok. Kalau MXGP ini hanya tiga hotel, di Astoria, Prame Park, dan salah satu hotel di Senggigi," kata  Jamal.

"Artinya kalau sudah ada event MXGP berkelanjutan, ada potensi para rider nantinya akan membawa sanak family untuk berlibur ke NTB," kata Jamal.

Jamal menegaskan bahwa yang terpenting dalam event internasional itu, ekonomi masyarakat setempat dapat meningkat. 

"Yang terpenting ekonomi masyarakat hidup, UMKM jalan dengan adanya event internasional," kata Jamal. 

https://regional.kompas.com/read/2023/07/02/235520178/kadispar-ntb-klaim-penonton-mxgp-tembus-75000-penonton

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke