Salin Artikel

Ekor Pesawat SAM Air Ditemukan Utuh, "Black Box" Diharapkan Masih Diposisinya

 

Danlanud Silas Papare Jayapura, Marsma TNI M Dadan Gunawan mengungkapkan, di ekor Pesawat SAM air terdapat black box atau kotak hitam. Dengan begitu, diharapkan black box segara ditemukan. 

Black box merupakan alat yang menyimpan data penerbangan dan bisa mengungkap penyebab jatuhnya pesawat.

“Ekor pesawatnya kan masih utuh. Diharapkan masih diposisinya black box ini, sehingga bisa dibawa oleh Tim SAR dan diserahkan kepada KNKT (Komisi Nasional Keselamatan Transportasi), untuk proses lebih lanjut,” tuturnya.

Dadan mengatakan, black box memuat semua data terkait masalah teknis yang menyebabkan jatuhnya pesawat.

“Black box ini yang terbaru, sehingga data dan voice ada bersamaan di ekor Pesawat SAM Air,” ujarnya.

Dadan berharap black box yang terdapat di ekor pesawat tidak terlepas dari tempatnya, sehingga mudah ditemukan oleh Tim SAR.

Sebagai informasi, pesawat SAM Air yang membawa dua orang kru dan empat penumpang itu sempat hilang kontak saat baru terbang selama tujuh menit dalam penerbangan dengan rute Bandara Elelim-Bandara Poik, Distrik Welarek, pada Jumat (23/6/2023) siang.

Tim SAR gabungan yang menggunakan sebuah helikopter dari Wamena kemudian menemukan bangkai pesawat dalam kondisi masih berasap.

Lokasinya berjarak 12 kilometer dari Bandara Elel atau tepatnya di Gunung Wara, Distrik Welarek, Yalimo, Papua Pegunungan.

Sebanyak enam orang yang menumpang pesawat tersebut, termasuk awak pesawat, dipastikan meninggal.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/27/144224478/ekor-pesawat-sam-air-ditemukan-utuh-black-box-diharapkan-masih-diposisinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke