Salin Artikel

Jelang Pendaftaran PPDB Jateng Hari Terakhir, Kuota Afirmasi Baru Terisi 30 Persen

SEMARANG, KOMPAS.com– Kuota jalur afirmasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK Negeri tahun ajaran 2023/2024 baru terisi sebanyak 30 persen. Padahal, Selasa (27/6/2023) merupakan hari terakhir pendaftaran.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jawa Tengah, Uswatun Hasanah menyampaikan apabila kuota afirmasi sebanyak 15 persen tidak terpenuhi, maka jatah akan ditambahkan untuk pendaftaran jalur zonasi.

“Semua jalur apabila tidak terpenuhi maka akan menjadi milik zonasi. Karena minimal 55 persen jadi bisa saja kalau terpenuhi yang lainnya itu 10 persen, berarti 90 persen bisa zonasi,” tegas Uswatun, Senin (26/6/2023).

Kini pihaknya masih memantau jalannya pendaftaran PPDB. Menurutnya, calon peserta didik (CPD) masih banyak mengalami kendala seperti persoalan kartu keluarga (KK) yang belum genap satu tahun, sehingga tidak bisa mendaftar di jalur zonasi.

Kemudian yang tak kalah ramai, adanya CPD yang masuk DTKS tapi belum melakukan verifikasi dan validasi (verval) di Dinas Sosial (Dinsos) kabupaten/kota masing-masing. Sehingga mereka tidak bisa mendaftar di jalur afirmasi.

“Kemarin kita telepon Mbak Ita (Wali Kota Semarang) karena adanya kendala terkait siswa yang masuk DTKS ini belum di verval di Dinsos Kota. Sehingga Dinsos Provinsi belum bisa melakukan verval, yang lain juga sudah kita tindaklanjuti,” katanya.

Uswatun mengatakan, sebanyak 30 persen CPD pendaftar jalur afirmasi baru terisi 30 persen adalah mereka yang masuk dalam kategori prioritas, yakni P1 (miskin esktrem), P2 (sangat miskin), dan P3 (miskin).

“Data terus bergerak, kemarin masih sedikit. Kita koordinasi dengan Dinsos kita buka 1500-an itu sudah sekitar 30 persen (terisi),” tambahnya.Sampai hari ini, masih banyak CPD dan walinya mendatangi Kantor Disdikbud Jateng untuk meminta arahan dari petugas.

“Kami membuka posko di Dinas Induk dan cabang. Sesuai jadwal alur pelayanan. Memang paling banyak orang tua mengeluh KK belum satu tahun dan sudah masuk DTKS tapi tidak bisa mendaftar afirmasi, jadi kita bantu,” ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/26/201106478/jelang-pendaftaran-ppdb-jateng-hari-terakhir-kuota-afirmasi-baru-terisi-30

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke