Salin Artikel

Bahas Polemik Al-Zaytun, Ridwan Kamil Gelar Rapat Terbatas dengan Mahfud MD Sore Ini

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dijadwalkan akan menghadiri rapat terbatas dengan Menteri Koordinasi Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, pada Sabtu (24/6/2023).

Berdasarkan agenda yang diterima media, pertemuan itu akan berlangsung pukul 16.00 WIB.

Ridwan Kamil menemui Mahfud untuk melaporkan hasil pertemuan tim investigasi bentukan Pemprov Jabar dengan pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun Panji Gumilang, pada Jumat (23/6/2023) kemarin.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Barat Iip Hidajat mengatakan, poin laporan yang akan disampaikan meliputi upaya yang telah dilakukan Pemprov Jabar dalam menyikapi polemik Al-Zaytun. 

"Pak Gubernur hari ini diundang Kemenko Polhukam. Beliau akan melaporkan berkaitan dengan langkah apa saja yang telah dilakukan Pemprov Jabar seperti membentuk tim, memanggil (Panji) dan lainnya, akan menyampaikan kondusivitas di daerah, ketentraman, ketertiban yang terganggu. Nanti saya mendampingi Pak Gubernur ke Jakarta," kata Iip, saat dihubungi lewat telepon seleuler, Sabtu.

Iip juga mendampingi Ketua Tim Investigasi Badruzzaman M Yunus dan Sekretaris MUI Jabar Rafani Achyar melaporkan hasil pertemuan dengan Panji Gumilang kepada Ridwan Kamil pagi tadi.

"Saya mendampingi Ketua Tim Investigasi Pak Badruzzaman juga dari Sekretari MUI Jabar Pak Rafani. Jadi, melaporkan hasil perkembangan pertemuan kemarin dengan Panji Gumilang," ujar Iip.

Berdasarkan rekomendasi tim investigasi, kata Iip, pemerintah pusat berharap segera mengambil keputusan terhadap polemik Ponpes Al-Zaytun agar perkara tersebut tak berlarut-larut.


"Poinnya, Gubernur Jabar sudah membuat langkah luar biasa dan diapresiasi semua. Karena ultra vires, bukan kewenangan tapi tetap memikirkan kondusivitas di Jabar. Karena ketika bicara substansi itu kewenangan pusat. Saya berharap, rapat sore ini Menko Polhukam segera ambil alih agar kasusnya tidak berlarut-larut," ujar dia.

Seperti diketahui, tim investigasi bentukan Pemprov Jabar telah bertemu dengan pimpinan Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (23/6/2023) sore.

Panji dipanggil untuk mengonfirmasi temuan tim terkait berbagai pernyataan kontroversial Panji Gumilang, hingga kegiatan ibadah yang dinilai tak sesuai syariat.

Namun, dalam pertemuan kemarin, Panji tidak mau menjawab pertanyaan tim secara langsung dan meminta waktu untuk memberikan jawaban.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/24/103711778/bahas-polemik-al-zaytun-ridwan-kamil-gelar-rapat-terbatas-denganmahfud-md

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke