Salin Artikel

Jelang Libur Idul Adha, Penumpang KA Mulai Padati Stasiun Tawang dan Poncol Semarang

SEMARANG, KOMPAS.com - Penumpang kereta api mulai memadati Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng dan Stasiun Semarang Poncol, Jawa Tengah jelang libur Idul Adha. 

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Ixfan Hendri Wintoko mengatakan, mulai hari ini sebanyak 5.433 penumpang kereta api mulai padati Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng. 

"Selain itu ada sebanyak 4.282 pelanggan naik dari Stasiun Semarang Poncol," jelasnya saat dikonfirmasi melalui telepon, Jumat (23/6/2023). 

Total, terdapat 15.475 pelanggan naik menggunakan kereta api dari berbagai stasiun di wilayah Daop 4 Semarang, seperti Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Tegal, Stasiun Cepu dan Stasiun Pekalongan. 

"Jakarta, Solo, Surabaya dan Bandung menjadi rute favorit," kata dia. 

Libur Idul Adha tahun ini, Daop 4 Semarang menyediakan sebanyak 221.416 tempat duduk untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat dalam menggunakan transportasi kereta api. 

"Di wilayah Daop 4 Semarang juga terdapat sebanyak kurang lebih 91 kereta api penumpang yang beroperasi setiap harinya," paparnya.  

Sampai saat ini, tiket kereta api pada masa libur Idul Adha dan liburan sekolah masih cukup banyak tersedia.

Masyarakat dapat memesan tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access, website KAI, serta seluruh channel penjualan lainnya. 

"Saat ini KAI telah menghadirkan Face Recognition Boarding Gate yakni fasilitas layanan boarding yang dilengkapi dengan kamera yang berfungsi untuk mengidentifikasi dan memvalidasi indentitas seseorang melalui wajah," imbuh dia.

"Untuk menikmati fasilitas terebut, pelanggan harus melakukan satu kali registrasi di awal yang berlaku untuk selamanya. Registrasi dilakukan dengan menempelkan e-KTP pada alat e-KTP Reader kemudian menempelkan jari telunjuk kanan atau kiri pada pemindai yang ada di e-KTP reader," bebernya.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/23/152820578/jelang-libur-idul-adha-penumpang-ka-mulai-padati-stasiun-tawang-dan-poncol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke