Salin Artikel

Seksi 5 dan 6 Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Mulai Beroperasi 22 Juni, Digratiskan Sementara

Executive Vice President (EVP) Divisi Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan, pengoperasian tersebut menyusul dikantonginya Sertifikat Laik Operasi (SLO) pada 14 April 2023.

Selain itu, sudah dikeluarkan Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 540/KPTS/M/2023 Tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Sigli – Banda Aceh Seksi 5 – 6.

“Kami sudah siap mengoperasikan jalan tol ini sejak menerima SLO dan Kepmen tersebut, dengan menyiapkan berbagai fasilitas dan 31 personel siaga yang terdiri dari petugas layanan operasi, paramedis dan patroli,” kata Tjahjo, Rabu (21/6/2023).

Sebelum resmi dioperasikan, Uji Laik Fungsi (ULF) telah dilakukan pada 6 Februari dan 7 Februari 2023 yang meliputi aspek keselamatan, manajemen lalu lintas jalan, dan lainnya sehingga petugas telah siap dalam pengoperasiannya.

Jalan tol tersebut juga telah diuji coba dengan dioperasikan secara fungsional pada saat momen mudik Lebaran 2023 yang dilalui lebih dari 10.000 kendaraan.

Nantinya Seksi 5 dan 6 ini akan menyambungkan ke seksi lainnya yang telah dioperasikan terlebih dahulu, yaitu Seksi 2 - 4 (Seulimeum - Blang Bintang) sepanjang 35,8 kilometer.

Ia mengatakan, pengoperasian ruas jalan tol ini masih belum dikenakan tarif selama masa sosialisasi berlangsung.

Namun, pengguna jalan tol tetap harus melakukan tapping kartu uang elektronik saat melintas.

Tjahjo mengimbau agar pengguna jalan yang ingin melintas untuk mematuhi tata tertib yang berlaku di jalan tol saat melintas, di antaranya yakni dengan berkendara dengan kecepatan maksimal 100 kilometer per jam.

“Menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan minimal 10-20 meter, dan pastikan kendaraan tidak melebihi muatan,” jelasnya.

Selain itu, Tjahjo juga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol.

Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul Besok, Seksi 5-6 Blang Bintang-Baitussalam Ruas Tol Sibanceh Mulai Beroperasi Tanpa Tarif.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/21/182402978/seksi-5-dan-6-jalan-tol-sigli-banda-aceh-mulai-beroperasi-22-juni

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke