Salin Artikel

Sopir Taksi "Online" di Bandara Hang Nadim Bisa Jemput Penumpang di Pintu Keluar Kargo, tetapi...

BATAM, KOMPAS.com – Sopir taksi online dan konvensional di Bandara Internasional Hang Nadim Batam akhirnya mencapai kesepakatan soal titik penjemputan penumpang. 

Sopir taksi online saat ini bisa menjemput penumpang di depan pintu keluar kargo baru Bandara Hang Nadim.

Namun, para sopir taksi online diminta tidak mangkal atau "ngetem" di sekitar bandara. 

“Benar bang, tadi siang kami lakukan pertemuan, dan hasilnya penumpang Bandara Hang Nadim kini sudah bisa menggunakan taksi online dan titik jemputnya di depan pintu keluar kargo baru Bandara Hang Nadim,” kata ketua Solidaritas Online Batam (SOB) Feryandi Tarigan melalui telepon, Selasa (20/6/2023) malam kemarin.

Sebelumnya, sopir taksi online hanya diperbolehkan menaikkan penumpang di perempatan traffic light Bandara Hang Nadim.

Feryandi meminta seluruh anggota untuk mematuhi kesepakatan tersebut. Harapannya, tidak ada lagi persekusi terhadap sopir taksi online di Bandara Hang Nadim.

“Semoga ini awal yang baik untuk kita saling bahu membahu demi terciptanya situasi yang kondusif di Bandara Hang Nadim Batam,” papar Feryandi.

“Kami juga minta agar dengan adanya kesepakatan ini, pihak aplikator segera mengambil kebijakan, salah satunya menyewa pikap poin di Hang Nadim. Dengan begitu akan ada regulasi dan ketegasan untuk mengurai polemik yang kerap terjadi sebelum-sebelumnya,” pungkas Feryandi.


Bersifat sementara 

Namun demikian, Feryandi mengatakan, hal ini belum final seutuhnya, melainkan hanya bersifat sementara.

Pihaknya akan segera mensosialisasikan apabila ada perubahan usai jalur kargo dibuka. 

“Dan poin kedua driver online tidak boleh melakukan penjemputan di lokasi selain depan pintu keluar kargo baru bandara tersebut,” tegas Feryandi.

“Titik jemput ini juga bersifat sementara sampai jalur kargo dibuka. Bila ada perubahan, akan disosialisasikan kembali,” tambah Feryandi.

Sementara itu, Koordinator Taksi dan Porter Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Rusmini mengatakan, titik jemput tersebut sifatnya sementara dan mulai berlaku sejak kemarin, Selasa (20/6/2023).

Lalu, kata Rusmini, apabila kedua belah pihak melanggar kesepakatan tersebut akan diberikan tindakan dan sanksi tegas.

“Jadi kami berharap kedua belah pihak komitmen dengan kesepakatan ini, dimana titik penjemputan taksi online berada di pintu keluar kargo baru dan taksi online tidak boleh mangkal disekitar Hang Nadim,” tegas Rusmini.

“Dan jika taksi online masih masuk ke bundaran, maka mereka akan disanksi tegas. Sebaliknya jika taksi konvensional juga mengejar penumpang yang mau naik taksi hingga ke gerbang, akan disanksi tegas,” tambahnya.

Dalam pertemuan tersebut dihadiri Asosiasi SOB, Forum Driver Online (Fordo), Asosiasi Driver Online dan perwakilan pihak taksi konvensional Bandara  serta Koordinator Taksi dan Porter Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/21/094222978/sopir-taksi-online-di-bandara-hang-nadim-bisa-jemput-penumpang-di-pintu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke