Salin Artikel

Satgas Damai Cartenz Gerebek Markas KKB Sefnat Marani, Senpi dan Bendera Bintang Kejora Disita

Kepala Operasi Damai Cartenz 2023 Kombes Faizal Ramadhani menjelaskan, saat tiba di lokasi, aparat gabungaan mendapati tempat tersebut baru saja di tinggal pergi sehingga mereka hanya mendapatkan sejumlah barang bukti.

"Di sana kami menemukan satu buah senjata api rakitan berbahan kayu menyerupai pistol dan satu buah pistol korek api merk P, juga satu buah rompi warna loreng berserta puluhan barang bukti lainya termasuk bendera Bintang Kejora berukuran 25cm x 15cm," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (18/6/2023).

Menurut Faizal, lokasi yang digerebek merupakan markas dari salah satu pimpinan KKB yang ada di Yapen.

"Itu markasnya Sefnat Marani," cetusnya.

Sementara Plh. Waka Ops Damai Cartenz Kombes Joko Sulistio menyatakan, penggerebekan tersebut dilakukan dalam rangka penindakan dan penegakan Hukum terhadap KKB yang beberapa waktu lalu telah melakukan tindakan kriminal. 

Mereka membakar ekskavator dan mengibarkan bendera Bintang Kejora pada 29 mei 2023, di Kampung Woda, Distrik Rainbawi.

"Tidak ada warga yang diamankan dan untuk barang bukti yang telah disita sudah diserahkan kepada penyidik polres kepulauan yapen dalam hal ini satuan reskrim untuk dilakukan peyelidikan dan pemeriksaan selanjutnya," kata dia.

Ditambahkanya, situasi keamanan di Kabupaten Kepulauan Yapen, secara umum aman dan kondusif.

Namun aparat keamanan dalam hal ini satgas Ops Damai Cartenz dan Polres Kepulauan Yapen masih terus meningkatakan patroli guna mencegah timbulnya gangguan-gangguan dari KKB yang dapat terdampak kepada aktivitas masyarakat di Kabupaten Kepulauan Yapen.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/18/164323078/satgas-damai-cartenz-gerebek-markas-kkb-sefnat-marani-senpi-dan-bendera

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke