Salin Artikel

Senyum Semringah Penjual Hewan Kurban di Semarang, Omzetnya Naik 100 Persen Dibanding Tahun Lalu

Tempat jualannya yang berada di Lapangan Garnisun, Kota Semarang, Jawa Tengah kini mulai banyak didatangi pembeli. Mayoritas yang datang merupakan pengurus masjid. 

"Ini sudah terjual sapi 40 ekor dan kambing 20 ekor," katanya saat ditemui di tempat jualannya, Jumat (16/6/2023). 

Dia menjelaskan, mayoritas pembeli yang datang merupakan panitia penyelenggara kurban dari masjid-masjid. Beberapa masjid ada yang menambah pesanan di Idul Adha tahun ini. 

"Kalau dibandingkan tahun kemarin meningkat 100 persen," kata dia. 

Untuk Idul Adha tahun ini, dia mempunyai stok hewan korban sebanyak 100 ekor kambing dan sapi. Untuk kambing yang paling banyak dicari pembeli adalah kambing Jawarandu. 

"Banyak dipilih karena posturnya gagah," imbuh dia. 

Untuk satu ekor kambing jawandaru dia jual mulai Rp 2 juta hingga Rp 5 juta. Sementara, untuk sapi yang banyak dicari pembeli merupakan jenis limosin karena lebih besar posturnya.

Untuk harga sapi berada di kisaran Rp 20 juta hingga Rp 25 juta per ekor. Meski tempat jualannya berada di Kota Semarang, banyak juga pembeli yang berasal dari luar kota seperti Jakarta, Kendal dan Salatiga. 

"Kemarin saja kita kirim 40 ekor sapi ke Jakarta," imbuh dia. 

Terkait kesehatan hewan kurban yang dijual, kata Beny, sudah dilakukan pemeriksaan sebelum hewan -hewan tersebut dijual di pasaran.

"Sehingga, para pembeli tidak perlu khawatir dengan kondisi fisik baik sapi maupun kambing," paparnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/16/220519878/senyum-semringah-penjual-hewan-kurban-di-semarang-omzetnya-naik-100-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke