Salin Artikel

Kagetnya Mahasiswa Pecinta Alam Bima, Bertemu dan Diskusi dengan Menteri Nadiem di Jalur Pendakian Gunung Tambora

Ketua Mahapeta STIE Bima, Ragil bercerita, pertemuan tersebut terjadi pada Jumat (26/5/2023). Tanpa sepengetahuan mereka, Menteri Nadiem juga tengah mendaki Gunung Tambora.

Diskusi dengan menteri

Para mahasiswa bertemu Menteri Nadiem ketika beristirahat di Pos III jalur pendakian Pancasila yang berada pada ketinggian diatas 1.000 Mdpl.

"Saat kita turun dan istirahat di Pos III, Pak Menteri Nadiem datang bersama beberapa anggota yang berjumlah empat orang," kata dia kepada Kompas.com, Rabu (14/6/2023).

Kekagetan para mahasiswa pecinta alam sekejap kemudian berubah menjadi obrolan hangat dengan sang menteri.

Dengan para mahasiswa, kata dia, Menteri Nadiem berdiskusi mengenai potensi pariwisata seperti Pulau Kelapa dan Pantai Pink di Bima, serta wisata Lakey di Kabupaten Dompu.

Menurut dia, Menteri Nadiem mengakui banyak obyek wisata yang tak kalah menarik dari yang dimiliki oleh daerah lain di luar NTB.

"Respons Pak Menteri, terkait pariwisata itu nanti akan disampaikan langsung ke Menteri Pariwisata pak Sandiaga Uno," ujarnya.

Ragil mengungkapkan, selain bicara pariwisata, Menteri Nadiem juga menyinggung persoalan pendidikan generasi muda di kaki Gunung Tambora.

Di samping jauh dari kata berkembang, akses jaringan yang belum maksimal disebut menjadi persoalan krusial di daerah tersebut.

"Nanti akan ada langkah lanjut dari Pak Menteri setelah melihat langsung keadaan di sana terkait dengan pendidikan," kata Ragil.

Tak menyangka

Ragil mengaku masih tak menyangka dia dan teman-temannya bisa bertemu, bahkan berdiskusi dengan menteri di jalur pendakian.

Anggota Mahapeta STIE Bima lainnya, Istiqomah Vidini mengatakan, ia bersama rombongan tidak langsung menyapa atau meminta foto bersama dengan Menteri Nadiem Makarim.

"Kita takut mengganggu waktu istirahat Pak Menteri, mungkin capek karena mereka baru saja tiba di Pos III," jelasnya.

Istiqomah mengatakan, tidak berselang lama setelah tiba di Pos III, Menteri Nadiem kemudian menyapa lalu mengajak rombongan Mahapeta untuk foto bersama sebagai kenang-kenangan.

Nadiem bahkan mengaku heran karena baru pertama kali menjumpai mahasiswa yang bertemu dengannya, namun tidak langsung meminta foto.

"Pak Nadiem sampai bilang kalau dia baru pertama kali ketemu mahasiswa, tahu saya Menteri tapi tidak langsung minta foto," ungkap Istiqomah sambil tersenyum.

Diunggah di IG

Menteri Nadiem Makarim juga mengunggah aktivitasnya menapaki gunung berketinggian 2.851 Mdpl di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut.

Momen mendaki Gunung Tambora pada 26-27 Mei 2023 itu, diunggah Menteri Nadiem Makarim di akun Instagram pribadinya, beberapa hari lalu.

Menteri Nadiem Makarim menceritakan dua hari perjalanannya menapaki 42 kilometer jalur pendakian menuju puncak Gunung Tambora.

"Menerjang belukar tajam, kehabisan air, cidera, dan komunikasi sempat terputus. Semuanya terbayar tuntas dengan pemandangan luar biasa di puncak Gunung Tambora," tulis Nadiem.

Dalam perjalanan menuju puncak Gunung Tambora, Menteri Nadiem juga sempat bertemu dengan rombongan Mahasiswa Pencinta Alam (Mahapeta) dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/14/184642878/kagetnya-mahasiswa-pecinta-alam-bima-bertemu-dan-diskusi-dengan-menteri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke