Salin Artikel

Kronologi Saksi Kunci Suap Eks Gubernur Jambi Zumi Zola Ditemukan Tewas Gantung Diri

Kapolsek Kota Baru, Kompol Pamenan mengatakan, dari keterangan sopir Iim, Sendi, awalnya dia diminta untuk menjemput orangtu Iim yang sedang berada di rumah keluarga lainnya.

Sekitar pukul 12.30 WIB, Sendi bersama ibu Iim tiba di rumah dan mendapati pintu rumah terkunci dari dalam.

Sendi berusaha menggedor pintu, tapi tidak ada jawaban dari dalam.

Sendi kemudian menginformasikan kepada keluarga Iim untuk datang dan membawa kunci cadangan.

Pada pukul 12.45 WIB, Fikri Adila, anggota keluarga Iim, datang dan membuka pintu rumah dengan kunci cadangan.

Setelah pintu terbuka, terlihat Iim sudah tergantung di ruang tamu. Saat ini jenazah sudah dikuburkan pihak keluarga.

“Dari hasil lidik personil dan keterangan para saksi, korban Iim meninggal karena bunuh diri,” kata Kapolsek Kota Baru, Kompol Pamenan melalui pesan singkat, Rabu (14/6/2023).

Diberitakan sebelumnya, dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Jambi 2017-2018, tercantum berbagai proyek pekerjaan infrastruktur dengan nilai miliaran rupiah yang sebelumnya disusun oleh Pemerintah Provinsi Jambi.

Agar RAPBD disetujui, beberapa anggota DPRD Jambi, termasuk anggota DPRD Jambi berinisial MU, meminta sejumlah uang dengan istilah "uang ketok palu".

Zumi Zola, Gubernur Jambi saat itu, kemudian meminta orang kepercayaannya yang berprofesi sebagai pengusaha bernama Paut Syakarin, untuk menyiapkan uang sebesar Rp 2,3 miliar.

Pembagian uang "ketok palu" disesuaikan dengan posisi dari para tersangka di DPRD yang besarannya dimulai Rp 100 juta-Rp 400 juta per anggota.

Pengantar uang "ketok palu" itu adalah Iim yang sudah beberapa kali hadir dalam persidangan untuk terdakwa Zumi Zola dan sejumah anggota DPRD Provinsi Jambi sebagai saksi kunci.

Dalam kasus ini, Zumi Zola divonis enam tahun penjara oleh majelis hakim di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (6/12/2018). (Penulis Kontributor Jambi, Suwandi | Editor Gloria Setyvani Putri)

https://regional.kompas.com/read/2023/06/14/174356178/kronologi-saksi-kunci-suap-eks-gubernur-jambi-zumi-zola-ditemukan-tewas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke