Salin Artikel

Buntut Siswa SMK Tewas Usai Latihan Silat, Ekskul di Lampung Dievaluasi

Evaluasi ini buntut dari tewasnya M Akil (16) siswa SMK itu usai mengikuti latihan pencak silat di halaman sekolah.

Kepala Bidang Pembinaan SMK Disdikbud Lampung Zuraida Kherustika mengatakan, evaluasi ini terkait ekstrakurikuler yang berlangsung di luar ketentuan kurikulum sekolah itu.

Meski sekolah itu adalah milik yayasan dan swasta, pengevaluasian tetap akan dilakukan oleh Disdikbud Lampung selaku pemegang kebijakan sekolah tingkat atas.

"Kita evaluasi, ini agar tidak terjadi atau terulang lagi peristiwa seperti ini. Yang terjadi sekarang harus yang terakhir," kata Zuraida.

Dihubungi terpisah, Sektretaris Disdikbud Lampung Tommy Efra Handarta menyerahkan proses hukum kepada Polres Lampung Tengah.

Dia mengatakan pihaknya memastikan tidak ada intervensi dan akan mendukung penuh proses penyidikan.

"Kita hormati proses hukum yang sedang dijalankan oleh Polres Lampung Tengah. Apapun yang terjadi nanti biar hukum yang membuktikan," kata Tommy.

Diberitakan sebelumnya, pelatih ekstrakurikuler pencak silat di SMK Al Hikmah Kalirejo, Kabupaten Lampung Tengah ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan penganiayaan terhadap M Akil (16).

Keluarga korban melapor ke polisi karena ada keganjilan pada kondisi tubuh korban saat meninggal dunia.

Kepala Satreskrim Polres Lampung Tengah AKP Edi Qorinas membenarkan telah menetapkan guru silat berinisial A sebagai tersangka dalam kasus itu.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/13/210252578/buntut-siswa-smk-tewas-usai-latihan-silat-ekskul-di-lampung-dievaluasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke