Salin Artikel

PPDB Jateng 2023/2024, Pemprov Tambah 7.920 Kursi

SEMARANG, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen menambah daya tampung siswa sebanyak 7.920 kursi menjadi 225.701 kursi pada PPDB tahun 2023/2024. Pada tahun ajaran sebelumnya jumlah daya tampung sebanyak 217.781 kursi.

Hal itu disampaikan saat meluncurkan aplikasi Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tingkat SMA dan SMK di Museum Ranggawarsita Semarang, Senin (12/06/2023).

"Lewat aplikasi ini, saya berharap masyarakat terjawab dengan kemudahan yang kita berikan untuk penerimaan siswa siswi di tingkat menengah atas," kata Taj Yasin usai peluncuran.

Wagub meminta para petugas yang menangani PPDB agar tetap menjaga integritas dan transparan. Dengan sistem aplikasi online ini, lanjutnya, masyarakat bisa memantau langsung proses pendaftaran.

"Launching PPDB, yang saat ini sudah memakai aplikasi saya berharap ini lebih membuka transparansi atas keluhan dari masyarakat terkait pendaftaran di sekolah menengah atas atau SMK milik negeri," imbuhnya.

Taj Yasin menambahkan, saat peluncuran segenap siswa-siswi juga diundang. Di sana, lanjutnya, para siswa menerangkan jika proses pendaftaran melalui aplikasi terbilang mudah.

Saat pendaftaran mereka didampingi para guru sehingga mendapat penjelasan secara mudah.

"Mereka mengatakan mudah kok, lewat guru juga diajak bicara. Diajak komunikasi, (saat) ada kesalahan memasukkan yang mestinya dia jalur prestasi tapi jalur zonasi sehingga tertolak di awal. Ndak perlu khawatir, sampaikan saja keluhan itu ke sekolahan," paparnya.

Jalur afirmasi sebanyak 20 persen dengan rincian untuk siswa miskin 13 persen, untuk anak nakes 3 persen, untuk anak panti 2 persen, dan untuk anak tidak sekolah 2 persen.

Untuk PPDB SMKN kuotanya terbagi dalam persentase untuk jalur prestasi minimal 75 persen, domisili terdekat minimal 10 persen. Afirmasi 15 persen dengan rincian untuk siswa miskin 8 persen, anak nakes 2 persen, anak panti 2 persen, dan anak tidak sekolah 3 persen.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/13/111633978/ppdb-jateng-2023-2024-pemprov-tambah-7920-kursi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke