Salin Artikel

8 Calon TKI Ilegal Diamankan di Lumajang, Berasal dari Lombok hingga Lampung

Delapan calon TKI ilegal itu terdiri dari dua orang perempuan dan enam orang laki-laki. Semuanya diamankan polisi pada Sabtu (10/6/2023) di dua lokasi berbeda.

Dua calon pekerja migran perempuan diamankan petugas di Hotel Lumajang, Kelurahan Tompokersan, Kecamatan Lumajang.

Sedangkan, enam orang lainnya diamankan di sebuah rumah penampungan yang terletak di Kelurahan Kepuharjo.

Kapolres Lumajang AKBP Boy Jeckson Situmorang mengatakan, delapan calon TKI ilegal berasal dari tiga daerah berbeda yakni Jember, Lombok, dan Lampung.

"Kemarin kita amankan bersama Satgas TPPO delapan calon pekerja migran ilegal di dua tempat berbeda, ada dua perempuan dan enam laki-laki," kata Boy di Lumajang, Senin (12/6/2023).

Tidak hanya mengamankan calon TKI ilegal, polisi juga menangkap dua orang yang diduga menjadi penyalur calon pekerja ini ke luar negeri.

"Kita amankan juga dua orang dengan inisial Y dan A yang diduga menjadi penyedia penampungan di rumah kos Kelurahan Tompokersan," tambahnya.

Menurut Boy, modus yang digunakan oleh tersangka untuk mengelabui calon korbannya adalah menjanjikan korban akan dikirim ke luar negeri untuk bekerja.

Sebelum itu, korban akan dimintai sejumlah uang tunai hingga puluhan juta rupiah untuk pengurusan berkas administrasi yang dibutuhkan seperti paspor dan visa.

"Korban ini menyetorkan uang hingga puluhan juta rupiah kepada tersangka dengan harapan dikirim bekerja ke Australia, Jepang, dan Malaysia. Uang itu sebagian dikirim ke operator di Jakarta untuk pembelian tiket, pembayaran hotel, dan lain-lain," jelasnya.

Untuk membuat calon pekerja migran percaya, korban akan diberangkatkan ke luar negeri dan dibuatkan paspor dan visa wisata. Namun, mereka akan dipulangkan kembali ke Indonesia dengan berbagai alasan.

"Keberangkatan ke negara-negara tersebut hanya digunakan sebagai cara meyakinkan korban," ungkap Boy.

Kepada polisi, tersangka mengaku telah bekerja sama dengan 13 pekerja lapangan yang bertugas mencarikan calon pekerja sejak 2017.

Total, sudah ada 303 calon pekerja migran ilegal yang sudah direkrut dan diberangkatkan ke luar negeri secara ilegal.

"Alamatnya sudah kita ketahui ada yang di Lumajang, Jember, Banyuwangi, hingga Lampung. Tidak ada kompromi bagi pelaku TPPO kami pastikan akan kit berantas habis di Lumajang," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/12/184008878/8-calon-tki-ilegal-diamankan-di-lumajang-berasal-dari-lombok-hingga-lampung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke