Salin Artikel

Pembangunan Tol Semarang-Demak, 32 Lapak di Dekat Makam Syekh Jumadil Kubro Terancam Digusur

Koordinator pemilik lapak Syekh Jumadil Kubro Terboyo Kulon, Ahmad Suranto mengatakan, pemilik lapak yang berada di sekitar Makam Syekh Jumadil Kubro sudah diminta untuk tidak buka selama tiga hari. 

"Teman-teman PKL disuruh off dulu sementara selama 3 hari karena ada pembangunan Tol Semarang-Demak," katanya saat ditemui di lapak miliknya, Kamis (8/6/2023). 

Dia menjelaskan, sebelumnya para pemilik lapak yang berjualan makanan dan jasa tambal ban di sekitar Makam Syekh Jumadil Kubro ditawari untuk pindah ke Terminal Terboyo Semarang. 

"Kita menolak kalau dipindah ke Terboyo. Karena sepi," kata dia. 

Namun, para pemilik lapak tersebut bersedia jika direlokasi di tempat yang masih berdekatan dengan Makam Syekh Jumadil Kubro. Keinginan tersebut telah dia sampaikan ke pemerintah. 

"Katanya nanti dari kelurahan dan kecamatan akan dianggarkan untuk bangun pusat kuliner di dekat Makam Syekh Jumadil Kubro. Namun masih wacana," paparnya. 

"Kita harapkan keadilan, karena kita orang kecil," imbuh dia. 

Informasi yang dia dapatkan, warga akan mendapatkan Rp 5 juta jika bersedia direlokasi dari tempat tersebut. Sampai saat ini Suranto masih melakukan komunikasi dengan pihak berwenang soal penggusuran lapak yang sudah dimanfaatkan warga selama puluhan tahun itu.

"Iya kita menyadari jika ini memang tanah milik pemerintah. Kita sedang komunikasi dengan pembina kita. Kita mendukung pembangunan pemerintah tapi harapannya kita bisa direlokasi ke tempat yang kita inginkan," ujar dia. 

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto menjelaskan jika kabar penggusuran tersebut masih wacana. Sampai saat ini Pemerintah Kota Semarang belum memutuskan. 

"Belum kita putuskan," kata Fajar saat ditanya soal rencana penggusuran tersebut.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/08/192616778/pembangunan-tol-semarang-demak-32-lapak-di-dekat-makam-syekh-jumadil-kubro

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke