Salin Artikel

Unand Buka Pendaftaran Mahasiswa Jalur Mandiri, Prosesnya Dikawal KPK

Pendaftaran dibuka mulai 15 Juni 2023 hingga 22 Juni 2023 untuk mandiri prestasi dan akademik berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Sedangkan untuk pendaftaran mandiri kelas internasional 15-27 Juni 2023.

Terakhir untuk jalur mandiri untuk kerjasama dan difabel dibuka pendaftaran 1-12 Juli 2023.

"Ada lima jalur mandiri yang kita buka dengan kuota 2.386 kursi," kata Wakil Rektor I Unand, Masyurdin kepada wartawan, Kamis (8/6/2023) di Padang.

Mansyurdin menyebutkan penerimaan lewat jalur mandiri tahun ini mendapat perhatian dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) usai ada kasus KKN di Universitas Lampung.

"Jadi kita dikawal KPK. Beberapa waktu lalu, KPK datang ke Unand untuk supervisi penerimaan jalur ini," kata Mansyurdin.

Menurut Mansyurdin, dalam penerimaan jalur mandiri pihaknya menerapkan sejumlah terobosan, di antaranya pembukaan ruang hak sanggah bagi peserta yang tidak lulus.

"Sanggahan diberikan paling lama lima hari setelah pengumuman. Kemudian ruang pengaduan hingga transparansi informasi," jelas Mansyurdin.

Lalu, kata Masyurdin, setiap peserta yang lulus ada kriteria yang diputuskan Rektor Unand sehingga tidak ada calon mahasiswa yang tiba-tiba saja lulus.

"Kita jamin mereka yang lulus ada kriterianya yang dikeluarkan surat keputusan oleh Rektor Unand. Ini bentuk transparansi. Kita juga sediakan ruang hak sanggah dan pengaduan," jelas Mansyurdin.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/08/144424978/unand-buka-pendaftaran-mahasiswa-jalur-mandiri-prosesnya-dikawal-kpk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke