Salin Artikel

Kunjungan Candi Borobudur Capai 5.400 Orang Saat Penerbangan Lampion Waisak 2023

"Tentu ini terjadi pergeseran kunjungan di sore hari. Kalau melihat data, lumayan banyak yang nonton dan menerbangkan lampion, ada 5.400-an yang ikut nonton selama 2 sesi dari awal sampai akhir," sebut Jamaludin Mawardi, General Manajer TWC, Kamis (8/6/2023).

Sementara pada pagi hari, atau saat upacara detik-detik Tri Suci Waisak 2567BE, wisatawan tercatat ada 2.000 orang saja.

Ini wajar karena tepat pada prosesi tersebut, TWC tidak membuka akses naik ke struktur Candi Borobudur, dan area pelataran candi dipakai untuk kegiatan ibadah umat Buddha.

"Kalau pagi, sedikit sekitar 1.000-an, karena hanya di halaman zona 2 saja (yang dibuka). Jadi hanya sore lampion sampai malam," imbuh Jamaludin.

Sementara jumlah umat Buddha yang ikut detik-detik Waisak mencapai lebih dari 4.500 orang. Umat yang berada di pelataran Candi Borobudur adalah umat yang memilik kartu identitas (Id Car) Walubi.

Umat yang tidak ber-ID dilokalisir oleh panitia di tenda yang disediakan di sekitar Taman Lumbini TWC.

Adapun pada kunjungan hari biasa, rata-rata sekitar 2.000-2.500 orang per hari. Tingkat kunjungan meningkat saat akhir pekan dan masa liburan yakni bisa sampai 4.500 orang wisatawan setiap hari.

Jamaludin juga mengungkapkan bahwa kuota 1.200 orang yang baik ke struktur Candi Borobudur juga rata hampir terpenuhi, yakni sekitar 1.040 - 1.080 orang per hari. Kuota pasti terpenuhi pada akhir pekan.

Menurut Jamaludin, rangkaian peringatan Hari Raya Waisak menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk berkunjung ke destinasi super prioritas tersebut. Apalagi penerbangan lampion tidak selalu ada di Candi Borobudur.

Sedangkan bagi umat Buddha, menerbangkan lampion merupakan bagian dari rangkaian ibadah Waisak. Melepas lampion adalan visual melepas harapan dan doa-doa.

"Suasana kemarin (saat Waisak 2567 BE) jadi bagus. Apalagi pelepasan lampion itu atraksi yang setiap saat tidak bisa dinikmati. Jadi mereka (wisatawan) ambil kesempatan itu untuk datang ke Candi borobudur. Ada yang nonton saja dan ada yang menerbangkan lampion," paparnya.

Animo masyarakat yang tinggi terlihat pula pada membludakknya area parkir di area TWC. Pengunjunga banyak yang kemudian memarkir kendaraan di kantong-kantong parkir yang disediakan oleh warga setempat.

Meskipun agenda penerbangan lampion dinilai menarik, pihaknya masih memikirkan jika event serupa digelar di Candi Borobudur pada pergantian Tahun Baru mendatang.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/08/125835378/kunjungan-candi-borobudur-capai-5400-orang-saat-penerbangan-lampion-waisak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke