Salin Artikel

Ingin Bertemu Gibran, Masyarakat Indonesia di Korea Selatan Berbondong-bondong Datangi KBRI Seoul

Bazaar UMKM yang menyajikan kuliner khas Nusantara seperti bakso Solo dan nasi pecel itu, digelar KBRI Seoul dalam rangka peringatan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Korea Selatan.

Duta Besar (Dubes) RI untuk Korea Selatan (Korsel), Gandi Sulistiyanto pada pembukaan bazaar UMKM Indonesia di KBRI Seoul mengatakan, selain makanan, tersedia juga minuman khas dari Tanah Air seperti jamu dan es cendol.

Sulis menyampaikan bahwa penyelenggaraan bazaar UMKM merupakan pertama kalinya dilakukan setelah pandemi Covid-19.

"Secara khusus seluruh produk kuliner yang disajikan telah dikurasi tim KBRI, setiap UMKM menyediakan aneka jenis kuliner khas Nusantara. Dari bakso Solo dan nasi pecel," kata Sulis dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com di Solo, Jawa Tengah, Rabu (7/6/2023).

Dia mengatakan, akan terus mempromosikan kuliner khas Nusantara pada masyarakat di Korea Selatan.

"Secara berkelanjutan, kami akan terus mempromosikan diplomasi ekonomi kreatif subsektor kuliner kepada masyarakat Korea," sambung dia.

Menurutnya UMKM memainkan peranan penting sebagai penggerak ekonomi nasional baik bagi Indonesia maupun Korea Selatan.

“Baik di Indonesia maupun di Korea Selatan, UMKM memainkan peran integral sebagai motor penggerak ekonomi nasional," tuturnya.

"Dalam rangka peringatan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Korea Selatan, bazaar ini menjadi semakin istimewa dengan kehadiran Wali Kota Surakarta, Mas Gibran Rakabuming Raka. Masyarakat Indonesia datang berbondong-bondong untuk bertemu Mas Wali Gibran," katanya.

"Antrean panjang pada setiap booth menunjukkan animo masyarakat yang tinggi untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut. Tidak heran ratusan pengunjung turut hadir, melebihi estimasi kami," lanjut Dubes Sulis.

Ada 10 gerai bazaar yang terdiri dari Dharma Wanita Persatuan KBRI Seoul, Atase Perdagangan, Indonesia Trade Promotion Center, BNI Seoul dan Garuda Indonesia, Warung Mbok Mumun, Cak Gundul, Warung Indonesia Sacheon, RM Sederhana, RM Rinjani, Royal Restaurant, Ulubelu Coffee, Foreign Country Mart.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menyampaikan, kekagumannya kepada masyarakat Indonesia di Korea Selatan yang bekerja keras mempromosikan produk kulinernya.

Pada tahun 2022 Wali Kota Surakarta mempromosikan karya UMKM di Paris melalui pagelaran bertajuk Java in Paris. Di samping masyarakat Indonesia, turut hadir masyarakat Korea Selatan yang tampak antusias menikmati sajian otentik dari berbagai provinsi di Indonesia.

https://regional.kompas.com/read/2023/06/07/103250178/ingin-bertemu-gibran-masyarakat-indonesia-di-korea-selatan-berbondong

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke